Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta Memasuki Musim Pancaroba, Ayo Siap Siaga!

Dominique Hilvy Febiani, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 620 2476186 jakarta-memasuki-musim-pancaroba-ayo-siap-siaga-ZZCErxlWzA.jpg Ilustrasi cuaca ekstrem (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan wilayah Indonesia telah memasuki musim pancaroba, termasuk Jakarta. Hal itu ditandai fenomena gelombang atmosfer yang teridentifikasi aktif dan menjadi tanda Indonesia telah memasuki masa peralihan antara lain MJO Madden jullian oscillation, Gelombang Rossby ekuaturial dan Gelombang Kelvin.

BPBD menyampaikan hal-hal yang bisa terjadi saat pancaroba. “Perubahan cuaca tiba-tiba, hujan intensitas lebat, hujan disertai petir dan angin kencang, hujan es, pohon tumbang dan bencana Hidrometeorologi,” kata akun Instagram @bpbddkijakarta (24/9/2021).

Baca Juga:  Begini Jurus Pemprov DKI Hadapi Potensi Banjir Akibat Cuaca Ekstrem

BPBD mengimbau untuk lakukan tindakan antisipatif dan preventif menghadapi pancaroba. “Menjaga imunitas dan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengecek dan memastikan fungsi saluran air atau drainase di lingkungan rumah atau sekitar berjalan baik," tulisnya.

Kemudian, meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadinya banjir bandang dan tanah longsor, melakukan pengecekan terhadap arus kelistrikan dan atap bangunan rumah atau gedung, waspada terhadap gelombang tinggi di kawasan perairan laut bagi masyarakat Kepulauan Seribu dan warga yang ke laut,” imbuhnya.

Baca Juga:  Musim Pancaroba, Waspada Volume Hujan Naik 50% hingga Potensi Bencana

Sementara BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mewaspadai cuaca ekstrim berpotensi besar terjadi selama musim peralihan. “Jangan panik dan tetap tenang apabila mengalami atau menemukan keadaan darurat hubungi Jakarta siaga 112 atau aplikasi Jakarta aman untuk pelayanan gawat darurat,” ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini