Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UMKM Diminta Maksimalkan Momentum Pemulihan Ekonomi

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 27 September 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 620 2477306 umkm-diminta-maksimalkan-momentum-pemulihan-ekonomi-fXuQ7hNkEX.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kemenparekraf telah melakukan berbagai strategi untuk mendorong kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, momentum pemulihan ekonomi tak terlepas dari peran usaha mikro, kecil, dan menengah atau (UMkM) sebagai pilar kebangkitan ekonomi nasional dan harus dimaksimalkan.

"Momentum pemulihan ekonomi harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan sebaik mungkin karena UMKM merupakan pilar kebangkitan ekonomi nasional, salah satunya dengan memperkuat ekosistem ekonomi kreatif untuk menciptakan usaha yang berkelanjutan,” kata Sandiaga melalui keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Kredit UMKM Naik, BI: Optimisme di Tengah Pandemi

Dirinya mengajak pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di sektor UMKM diajak agar dapat memaksimalkan momentum pemulihan ekonomi dengan terus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan kompetensi.

“Sehingga nanti ke depan dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing. Selain itu yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan peluang dari ekonomi digital untuk dapat memperluas akses pasar,” katanya.

Sementara itu, melalui program Apresiasi Kreasi Indonesia 202, Kemenparekraf berupaya mendorong UMKM kreatif di Indonesia untuk naik kelas dan hadirnya percepatan pertumbuhan ekonomi.

“Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan, yang akan diselenggarakan di 16 daerah di Indonesia,” katanya.

Dalam tahapan kegiatan ini, para pelaku yang telah lolos kurasi mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas serta akses pameran di Kabupaten atau Kota. Nantinya produk yang terpilih kembali akan mengikuti pameran puncak dalam skala nasional di Jakarta.

"Saya melihat kreasi-kreasi terbaik dari pelaku ekonomi kreatif yang luar biasa, yang akan membangkitkan semangat kembali dan memberikan sinyal kepercayaan diri bahwa kita akan bangkit kembali dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini