Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Punya Kelainan Jantung Bawaan? 4 Goals Ini Wajib Dipenuhi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 620 2478912 anak-punya-kelainan-jantung-bawaan-4-goals-ini-wajib-dipenuhi-OW4JmETy16.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

KELAINAN Jantung Bawaan (KJB) adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang bayi dan anak. Oleh sebab itu antisipasi serta penanganan secara dini yang baik sangat penting dilakukan untuk mencegah bertambah buruknya penyakit.

Sebagaimana diketahui berdasarkan data yang dihimpun dari Indonesia Heart Association, angka kejadian KJB di Indonesia diperkirakan mencapai 43.200 kasus dari 4,8 juta kelahiran hidup atau 9 : 1.000 kelahiran hidup setiap tahun.

Anak dengan KJB memiliki kelainan pada fungsi maupun struktur jantung. Padahal jantung sangat dibutuhkan untuk memompa darah supaya mengalir ke seluruh tubuh untuk membawa oksigen dan nutrisi bagi tiap sel tubuh.

Dokter Cek Kesehatan Anak

Dalam Webinar 'Pentingnya Dukungan Nutrisi Tepat untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Kelainan Jantung', Rabu (29/9/2021), Dokter Spesialis Anak Konsultan Kardiologi, dr. Rahmat Budi Kuswiyanto, Sp.A(K), M.Kes, mengatakan tujuan utama penanganan KJB berorientasi untuk mencapai sejumlah goals yang meliputi:

1. Medical Goals

Meningkatkan kapasitas fungsional

Mengontrol faktor risiko

Mencegah progresivitas penyakit

Mengurangi risiko kematian

Baca Juga : Cara Deteksi Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi Sejak Dini

2. Health Service Goals

Mengurangi waktu perawatan

Penggunaan obat-obatan

Perawatan ulang

Selain itu, peran serta orangtua dari anak dengan KJB juga sangat diperlukan untuk mewujudkan beberapa goals, di antaranya:

1.Psychological Goals

Meningkatkan kualitas hidup dan kepercayaan diri

Mengatasi kecemasan dan depresi anak

2.Social Goals

Dapat menjalani kehidupan sosial

Lebih lanjut dr. Rahmat mengatakan merawat anak dengan KJB tidak sama dengan anak normal. Orangtua dari anak dengan KJB harus selalu memastikan anaknya mendapatkan penanganan dan perawatan sesuai kondisinya untuk mencapai empat goals tersebut.

"Keberhasilan penangananan anak dengan KJB dapat mengoptimalkan tumbuh kembang dan meningkatkan kualitas hidup anak,” tuntas dr. Rahmat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini