Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua Satgas Covid-19 Sidak PON XX Papua: Penonton Harus Disiplin Prokes

Antara, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 620 2479764 ketua-satgas-covid-19-sidak-pon-xx-papua-penonton-harus-disiplin-prokes-DJFzQjRZCs.jpg Ketua Satgas Covid-19 Ganip Warsito. (Foto: Ant)
A A A

JAKARTA - Protokol kesehatan (prokes) di lokasi pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dipastikan berjalan optimal.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito memastikan prokes berjalan di lokasi cabang olahraga tenis, dayung, dan sepak bola putra di Kota Jayapura.

"Saya minta untuk penyelenggara, selalu diingatkan kepada para penonton yang hadir untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan," ujar Ganip dalam keteranganya yang diterima di Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Jelang Pembukaan PON, Mahfud MD: Ini Pesta Olahraga, Papua Damai Tak Menakutkan


Baca juga: BNPB Distribusikan 329.230 Masker Jelang PON Papua


Salah satu syarat bagi para penonton yang akan hadir harus membawa surat bebas Covid-19 melalui tes antigen. Di lokasi pintu masuk lokasi pertandingan juga disediakan tes antigen bagi para penonton dan staf yang belum melakukan tes sebelumnya.

"Betul, harus tes usap terlebih dahulu atau membawa surat hasil negatif tes antigen 1x24 jam untuk masuk jadi penonton," ujar koordinator keamanan cabor Tenis Made saat melaporkan situasi dan kondisi terkini kepada Ganip.

Ganip yang juga sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyempatkan melihat gerai masker yang diinisiasi BNPB di tiap lokasi pertandingan yang dikunjunginya. Sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan pun tak luput dari peninjauan Ganip.

Di setiap pintu masuk, sudah terdapat tempat untuk cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa titik lokasi. Namun masih terdapat lokasi yang belum menepatkan alat pengukur suhu di depan pintu masuk.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, pada lokasi sepakbola putra Ganip memberikan catatan penting kepada penyelenggara, untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan para penonton untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan.

Dia mengingatkan untuk tidak lupa pakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan. Hal ini dikarenakan antusiasme para warga cukup tinggi apabila ada pertandingan sepakbola berlangsung, terlebih lagi jika tim tuan rumah sedang bertanding, agar jumlah penonton tetap dapat diatur dari kapasitas stadion yang ada.

BNPB selaku Ketua Satgas selalu memberikan dukungan terhadap penerapan disiplin protokol kesehatan demi kesuksesan acara PON XX terselenggara dengan aman dan terhindar dari penularan COVID-19.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini