Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPBD Banten: Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Lebak

Antara, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 620 2479826 bpbd-banten-waspada-gelombang-tinggi-di-perairan-selatan-lebak-Xvz0YhDeGt.jpg Ilustrasi (Foto: istimewa)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten menetapkan waspada perairan selatan Lebak karena gelombang tinggi disertai angin kencang dan berbahaya untuk pelayaran dan nelayan.

"Kami minta pelayaran dan nelayan waspada jika melintasi perairan selatan Lebak itu, " kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana saat dihubungi di Lebak, Jumat (1/10/2021).

Penetapan kewaspadaan itu menyusul cuaca di perairan selatan Lebak memburuk, selain gelombang tinggi disertai angin kencang dan berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi pelayaran kapal tongkang juga nelayan tradisional.

Peluang ketinggian gelombang di perairan selatan Lebak empat sampai enam meter dengan kecepatan angin 20-30 knot per jam juga tiupan angin bergerak dari arah selatan.

"Kami minta pelaku pelayaran, nelayan, sampai wisatawan dilarang berenang sekitar pantai untuk menghindari kecelakaan laut," ujarnya.

Baca juga: BMKG : Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) cuaca buruk itu agar nelayan, pelaku pelayaran, dan wisatawan dapat mematuhi peringatan kewaspadaan tersebut.

Baca juga: BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Aceh dan Nias

BPBD Banten sudah menyampaikan surat peringatan kewaspadaan kepada aparat kecamatan, nelayan, pengelola wisata, pengusaha hotel, PPI Binuangeun, Lanal Banten, relawan Balawista, dan TPI setempat.

Penyampaian peringatan kewaspadaan itu, kata dia, agar menjadikan acuan berbagai pihak terkait untuk mencegah kecelakaan laut. Apalagi, kata dia, lokasi wisata pesisir selatan dibuka kembali oleh pemerintah setempat.

"Kami minta semua elemen masyarakat tidak melakukan aktivitas di sekitar perairan selatan Lebak, " katanya menjelaskan.

Baca juga: Waspada Gelombang Tinggi di Laut Jawa Bagian Barat & Perairan Kepulauan Seribu

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini