Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Transformasi di Kementerian BUMN Berhasil, Ini Buktinya

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 620 2484144 transformasi-di-kementerian-bumn-berhasil-ini-buktinya-HJUL6o6hLU.png Kementerian BUMN. (Foto: Okezone.com/BUMN)
A A A

JAKARTA - Transformasi dalam lingkup Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinilai berhasil. Hal itu terbukti dengan diperolehnya nilai tertinggi dalam Penilaian Sistim Merit Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) oleh Kementerian BUMN.

Pengamat BUMN Research Group Lembaga Manajemen FEB UI sekaligus Dosen FEB UI Toto Pranoto menilai bahwa penghargaan merit dari KASN didasarkan pada kemampuan organisasi publik atau Kementerian BUMN dalam pengelolaan talent sekaligus efektivitasnya terhadap peningkatan kinerja organisasi.

"Jadi kalau masuk kategori terbaik berarti transformasi yang dijalankan di Kementerian BUMN di bawah pimpinan Erick Thohir dianggap berhasil," kata Toto, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: Bertemu Pengusaha Jabar, Erick Thohir Tak Rela Pasar Indonesia Dikuasai Asing

Seperti yang diketahui, Komisi ASN menetapkan Kementerian BUMN sebagai peraih nilai tertinggi dalam penilaian Sistim Merit. Dari 34 kementerian, terdapat 13 kementerian yang dinilai sangat baik. Kementerian BUMN meraih nilai tertinggi, bersama dengan Kementerian Keuangan.

Sistim Merit adalah salah satu pola penilaian kinerja berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

Baca Juga: Bertemu Pengusaha Jabar, Erick Thohir Tak Rela Pasar Indonesia Dikuasai Asing

Berdasarkan sistim ini disusun pola kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, dan status sosial.

Penilaian kinerja ASN, dalam merit sistim dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan unit atau organisasi dengan memperhatikan target, capaian, hasil dan manfaat yang dicapai serta perilaku ASN.

Follow Berita Okezone di Google News

Toto menambahkan, perolehan nilai tertinggi atas sistem merit kepada Kementerian BUMN diindikatori atas rekrutmen talent yang dilakukan secara profesional sehingga bisa mendapatkan best talent, baik dari dalam maupun pro-hired.

"Dukungan best talent ini menjadi pendorong Kementerian BUMN bisa mencapai realisasi target kinerja, meskipun agak terganggu karena pandemi hampir dua tahun terakhir," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini