Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Tembus 100 Juta Orang, Langkah Selanjutnya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 620 2484764 vaksinasi-covid-19-dosis-pertama-tembus-100-juta-orang-langkah-selanjutnya-KeKFlEVK5g.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

INDONESIA berhasil mencatatkan lebih dari 100 juta vaksinasi Covid-19 dosis pertama pada minggu 10 Oktober 2021. Meski demikian, pemerintah harus terus mengejar cakupan vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan target 208 juta dosis.

Saat ini lebih dari 57,5 dosis kedua vaksinasi Covid-19 yang sudah disuntikan ke masyarakat Indonesia. Dengan demikian jumlah vaksinasi yang telah dicapai yakni sebanyak 157.707.427 dosis. Dengan kata lain vaksinasi dosis pertama sudah menjangkau 48,11% masyarakat Indonesia.

vaksinasi covid-19

Sementara vaksinasi dosis kedua menjangkau 27,62% target vaksinasi yakni sebanyak 208.265.720 orang. Keberhasilan tersebut tak lepas dari upaya dan kerjasama dengan semua pihak, mulai dari TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN maupun pihak swasta.

“Kita telah menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia. Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral," terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes, drg. Widyawati, MKM.

Upaya tersebut dilakukan demi mencukupi stok vaksin yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada. Selain itu Kemenkes juga terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi. Ia menambahkan selain membuka vaksinasi massal Kemenkes juga telah mengeluarkan Surat Edaran.

Baca Juga : Masih Bergejala Ringan, Penyintas Covid-19 Boleh Divaksin?

Surat edaran ini menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia untuk melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini menargetkan semua sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

"Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi," sambungnya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Sebab dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak masyarakat terlindungi dari Covid-19.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini