Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Ini yang Dianjurkan dan Dilarang Usai Suntik Vaksin Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 620 2486041 catat-ini-yang-dianjurkan-dan-dilarang-usai-suntik-vaksin-covid-19-xx9zb7FkTY.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

VAKSINASI Covid-19 sudah menjadi hal yang wajib dilakukan masyarakat selama masa pandemi. Vaksinasi bisa menurunkan risiko, tingkat keparahan, potensi rawat inap, serta menekan angka kematian apabila seseorang terinfeksi Covid-19.

Meski demikian ada beberapa hal yang dianjurkan dan dilarang setelah melakukan vaksinasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kejadian ikutan pasca Imunisasi (KIPI). Merangkum dari Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku, @satgasperubahanperilaku, Kamis (14/10/2021), berikut ulasannya.

vaksinasi covid-19

Larangan

1. Dilarang mengonsumsi alkohol

Alkohol menyebabkan dehidrasi serta memengaruhi sistem imunitas dan respon vaksin.

2. Hindari mengonsumsi junk food

Ketimbang mengonsumsi makanan olahan, ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, sayuran, ikan, dan buah.

3. Hindari aktivitas fisik yang berat

Tubuh membutuhkan waktu untuk bisa pulih dari efek samping vaksin. Hindari kegiatan yang membuat tubuh stres atau merasa tertekan.

4. Jangan berpikir vaksinasi akan membuat kebal Covid-19

Tidak ada vaksin Covid-19 yang memiliki tingkat keberhasilan 100 persen. Seseorang masih sangat mungkin untuk terpapar Covid-19 bahkan setelah melakukan vaksinasi. Tetapi kemungkinan infeksinya akan jauh lebih ringan.

Baca Juga : Menkes Sentil Sumbar karena Cakupan Vaksinasi Covid-19 Rendah

Anjuran

1. Konsumsi makanan bergizi dan seimbang

Agar tidak terjadi gangguan kecemasan sebelum divaksin, konsumsi makanan yang bisa membantu meregulasi gula darah seperti sayuran, protein, karbohidrat, lemak sehat, serta serat.

2. Konsumsi vitamin C

Ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan memenuhi asupan vitamin C.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini