Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Cara Cegah Osteoporosis sejak Dini, Tulang pun Jadi Kuat

Bertold Ananda, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 620 2490780 3-cara-cegah-osteoporosis-sejak-dini-tulang-pun-jadi-kuat-uxbRJJf8bP.jpg Ilustrasi tips cegah osteoporosis. (Foto: Rawpixel/Freepik)
A A A

DI momen Hari Gerakan Osteoporosis Sedunia yang diperingati setiap tanggal 20 Oktober, penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk sadar dan peduli terhadap kesehatan tulang sejak dini. Hal itu sebagaimana diungkapkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Didasarkan data yang didapatkan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan International Osteoporosis Foundation (IOF) bahwa di dunia masih terdapat lebih dari 200 juta penderita osteoporosis," ucap Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan secara daring pada acara Gerakan Hari Osteoporosis Sedunia, Sabtu 23 Oktober 2021.

Baca juga: Masih Bisa Salto di Usia 70 Tahun, Kak Seto Ungkap Rahasinya: Gembira 

Di Indonesia saat ini masalah osteoporisis menjadi masalah penting dan perlu disikapi dengan serius. Osteoporosis bisa mengancam siapa saja, baik perempuan, laki-laki, para lansia, maupun kalangan usia muda.

Maka itu, mulailah peduli terhadap kesehatan tulang dari sekarang. Berikut ini tiga cara efektif mencegah osteoporosis sejak dini, sebagaimana dipaparkan dr Andi Kurniawan SPKO selaku wakil ketua III Perwatusi.

Baca juga: Mau Bebas Nyeri Sendi setelah Bangun Tidur? Coba Lakukan Peregangan Ini 

1. Terapkan pola hidup sehat

Hal ini sangat penting dan perlu dilakukan sejak dini yaitu menjaga dan menerapkan pola hidup sehat. Pola tersebut dilakukan mulai dari konsumsi makanan sehat dan mengandung vitamin yang tinggi.

"Untuk mencegah osteoporisis yang pertama tentunya menerapkan pola hidup sehat, terutama vitamin dan nutrisi yang tepat," ujar dr Andi Kurniawan.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Guna memaksimalkan pola hidup sehat dalam mencegah terjadinya osteoporosis, melakukan aktivitas fisik secara rutin sangat perlu dilakukan. Jangan beri ruang untuk bermalas-malasan dengan kurangnya aktivitas fisik demi mencegah peluangnya terjadinya osteoporosis.

Baca juga: 5 Alasan Wanita Lebih Rentan Osteoporosis dibanding Pria 

3. Konsumsi kalsium+vitamin D

Konsumsi makanan yang mengandung kalsium sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Maka itu, lengkapi kebutuhan asupan makanan yang mengandung kalsium dari sekarang.

Kemudian melengkapi nutrisi vitamin D harian juga sangat bermanfaat menjaga kesehatan serta memperkuat tulang. Mulai konsumsi makanan atau berjemur sinar matahari pagi hari.

"Nah inilah yang sedang kita mulai kampanyekan supaya masyarakat itu mempunyai pola hidup yang aktif dan sehat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini