Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Masyarakat Patuh Pakai Masker, Masih Ada Celah Penularan Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 620 2492988 meski-masyarakat-patuh-pakai-masker-masih-ada-celah-penularan-covid-19-uJBO8UbWgp.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)
A A A

JURU Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa masyarakat Indonesia masih memiliki kesadaran yang tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupannya sehari-hari. Salah satu penerapan protokol kesehatan yang paling banyak dilakukan adalah kebiasaan mengenakan masker.

Dalam siaran pers PPKM yang disiarkan secara langsung dari di channel YouTube Kominfo, Rabu (27/10/2021) berdasarkan pemantauan Satgas Covid-19 selama beberapa waktu terakhir, menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia dalam mengenakan masker masih sangat tinggi.

Dokter Reisa

“Kesadaran memakai masker masyarakat Indonesia masih di atas 93,2 persen dan sebesar 6,8 persen tidak memakai masker. Sementara kepatuhan tertinggi menggunakan masker di ruang publik ditunjukkan masyarakat Bali dan Kepulauan Riau yang merupakan dua destinasi yang baru saja dibuka oleh pemerintah pusat agar dapat dikunjungi wisatawan mancanegara,” tutur dr. Reisa.

Meski demikian, Satgas Covid-19 juga menemukanmasih adanya celah di masyarakat yang lalai dalam menerapkan protokol kesehatan Celah ini berpotensi menyebabkan meledaknya kembali kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Baca Juga : Pakai Masker Terlalu Ketat Bikin Sakit Kepala, Ini Cara Mengobatinya

Dari seluruh lokasi kerumunan yang dipantau Satgas Covid-19 selama tujuh hari terakhir, restoran dan kedai memiliki persentase sebanyak 20,6 persen dan tempat wisata yakni sebanyak 9,9 persen. Kedua sektor ini termasuk dalam kategori kepatuhan memakai masker kurang dari 60 persen.

“Ini merupakan titik lengah, sebab pandemi Covid-19 masih ada. Jangan terlalu percaya diri untuk berkerumun, dan kontak dengan orang lain tanpa mengenakan masker. Meskipun kita yang berkumpul sudah divaksin dan memindai program Aplikasi PeduliLindungi, perlu diketahui bahwa program vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih belum mencapai 100 persen,” lanjutnya.

Sekadar informasi, saat ini Indonesia sudah menerima 293.058.530 dosis vaksin. Artinya lebih dari setengah persediaan yang dibutuhkan untuk memvaksinasi 208.265.720 orang penduduk Indonesia sudah berhasil diamankan. Saat ini sudah 55 dari 100 sasaran vaksinasi mendapatkan paling tidak 1 dosis vaksin atau sebanyak 115.502.524 orang yang sudah merasakan suntikan pertama vaksin Covid-19. Sedangkan 70.113.618 penduduk Indonesia lainnya sudah divaksinasi lengkap.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini