Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RS Rujukan Covid-19 Kebakaran, 2 Pasien Meninggal

Antara, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 620 2500317 rs-rujukan-covid-19-kebakaran-2-pasien-meninggal-NNqO5EeoGP.jpg Ilustrasi kebakaran (Foto: Antara/Shutterstock)

BUCHAREST - Kebakaran yang terjadi di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Ploiesti di Rumania, pada Kamis (11/11) pagi, menewaskan dua pasien dan melukai seorang perawat.

Insiden itu menjadi yang terbaru dalam serentetan kebakaran rumah sakit yang mematikan selama setahun terakhir.

Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 0200GMT dan menghanguskan satu ruangan. Namun kebakaran ini langsung dipadamkan. Sebanyak 15 pasien yang berada di lokasi dipindahkan ke rumah sakit lain.

Tercatat lebih dari 17.400 pasien Covid-19, termasuk 310 anak-anak, kini dirawat di rumah sakit Rumania pada Kamis (11/11). Sebanyak 1.823 di antaranya adalah pasien ICU.

 Baca juga: Kebakaran di Rumah Sakit Covid-19 Rumania Tewaskan 9 Orang

Rumania melaporkan tingkat vaksinasi terendah kedua di Uni Eropa dan salah satu tingkat kematian Covid- 19 tertinggi di dunia, dengan rekor kasus harian sepanjang Oktober membuat rumah sakit kewalahan.

Pada Oktober kebakaran rumah sakit di Kota Constanta menelan tujuh korban jiwa di ruang ICU.

Sementara itu, pada Februari lalu, si jago merah melalap satu rumah sakit di ibu kota Bucharest dan menewaskan empat pasien. Sebelumnya pada November tahun lalu 10 orang tewas dalam ledakan di ruang ICU di rumah sakit daerah Piatra Neamt.

 Baca juga: Kebakaran RS Covid-19 di Rumania Tewaskan 10 Orang

Pejabat mulai rutin memeriksa jalur oksigen dan sertifikat keselamatan kebakaran di rumah sakit.

Bahkan sebelum pandemi, Rumania menjadi salah satu negara dengan infrastruktur perawatan kesehatan yang paling tidak berkembang di Uni Eropa dan yang mengalami krisis dokter dan perawat.

(sst)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini