Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Kembangkan Pelaku Ekraf Berdaya Saing Global

Qur'anul Hidayat, Jurnalis · Sabtu 13 November 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 13 620 2501141 begini-cara-kembangkan-pelaku-ekraf-berdaya-saing-global-0m9i9sNi86.jpg Gebyar Adira Kreasi jadi puncak acara Festifal Kreatif Lokal 2021 (Foto: Quranul Hidayat/Okezone)

MAGELANG - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berperan aktif mendorong kemajuan para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satunya melalui kerja sama dengan Adira Finance dalam penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021.

"Bentuk kolaborasi antara pemerintah dan swasta ini juga memberikan peluang lebih besar untuk menggali pelaku ekonomi kreatif Indonesia yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan berdaya saing secara global,” kata Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf RI Nia Niscaya di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jumat, 12 Novemer 2021.

Baca Juga: Wishnutama Sebut Transformasi Digital Tidak Hanya Tentang Teknologi

Sementara itu, Adira Finance akan menggelar acara Gebyar Adira Kreasi, sebagai puncak Festival Kreatif Lokal 2021. Acara ini akan disiarkan secara langsung di RCTI+ pukul 19.00 WIB, Sabtu 13 November 2021.

Acara dalam memperingati 31 tahun Adira Finance ini juga akan memberikan penghargaan untuk 15 UMKM dari 5 Destinasi Wisata Prioritas (DSP). Juga akan diadakan hari cicilan lunas (harcilnas). Sebanyak 31 pelanggan terpilih akan dilunasi cicilannya dan 300 pelanggan lainnya akan dilunasi sebulan cicilannya.

Baca Juga: Wamen Angela Tanoesoedibjo Ungkap Peran Sociopreneur dalam Ekonomi Inklusif

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan, Gebyar Adira Kreasi 2021 sebagai bentuk apresiasi terhadap kepercayaan semua pihak dalam ekosistem perusahaan, baik pelanggan, mitra dealer, dan partner yang telah mempercayai Adira Finance selama lebih dari tiga dekade.

“Kami menyadari bahwa pertumbuhan bisnis Adira Finance akan terus berkembang melalui sinergi dengan ekosistem. Adira Finance terus berkomitmen membangun hubungan jangka panjang yang sehat dengan seluruh pemangku kepentingan," ujar Hafid dalam konferensi pers.

Sejalan dengan komitmen memperkuat sinergi dengan ekosistem, tahun ini, Adira Finance mengangkat tema Tumbuh Bersama Sahabat yang menjadi motivasi kepada seluruh ekosistem, agar tetap semangat mengembangkan usaha demi mempercepat laju perekonomian negara.

Sebelumnya Festival Kreatif Lokal 2021 Tumbuh Bersama Sahabat telah digelar di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia, yaitu di Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo, dan Candi Borobudur.

“Melalui penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2021, kami ingin menunjukkan komitmen perusahaan yang senantiasa mendukung para UKM untuk tumbuh,” ujar Hafid.

Dalam menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal, Adira Finance berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dalam menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2021. Acara ini digelar sebagai wujud dukungan terhadap kampanye nasional Beli Kreatif Lokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Setelah menjalani proses seleksi sejak pendaftaran ditutup pada 22 September 2021 lalu, pada babak final ini terpilih 45 UKM local hero pada kategori bidang usaha fesyen, kuliner, dan kriya, dari lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia. UKM local hero terbaik dari masing-masing kategori usaha di setiap Destinasi Super Prioritas berhak mendapatkan penghargaan yang akan diserahkan saat acara Gebyar Adira Kreasi 2021.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini