Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sintang Banjir Berminggu-minggu, Presiden Jokowi: Kapuas Meluber karena Daerah Tangkapan Hujan Rusak

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 620 2502442 sintang-banjir-berminggu-minggu-presiden-jokowi-kapuas-meluber-karena-daerah-tangkapan-hujan-rusak-roFBmfKVBy.jpg Banjir di Sintang. (Foto: Ant)

JAKARTA - Banjir di Kabupaten Sintang telah berlangsung selama berminggu-minggu. Banjir di Sintang ini terjadi sejak 21 Oktober 2021 lalu.

Banjir melanda setelah hujan ekstrem mengguyur sehingga debit air Sungai Kapuas dan Melawi meluap. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa penyebab terjadinya banjir karena rusaknya daerah tangkapan hujan.

Baca juga: Banjir di Sintang Masih Tinggi, BNPB: 25.884 Warga Mengungsi


Baca juga: Terjebak Banjir Sintang, Seorang Ibu Melahirkan di Atas Perahu

“Ya itu memang karena kerusakan catchment area, daerah tangkapan hujan yang sudah berpuluh-puluh tahun. Ya itu yang harus kita hentikan. karena memang masalah utamanya ada di situ. Kapuas meluber karena daerah tangkapan hujannya rusak,” katanya, Selasa (16/11/2021).

Dia memastikan bahwa akan melakukan perbaikan terhadap daerah tangkapan hujan yang rusak. Salah satunya dengan melakukan penghijauan.

“Itu yang nanti kita perbaiki. Nanti akan mulai mungkin tahun depan kita bangun nursery, persemaian. Sehingga ada penghijauan kembali di daerah-daerah hulu, di daerah-daerah tangkapan hujan, di catchment area. Kita perbaiki. karena memang kerusakannya ada di situ,” ungkapnya.

Di sisi lain Jokowi mengungkapkan bahwa terjadinya banjir juga disebabkan karena cuaca ekstrem yang terjadi.

“Dan kedua memang ada hujan yang lebih ekstrem dari biasanya,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini