Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Varian Omicron Bukan Berasal dari Afrika Selatan Tapi Belanda?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 620 2510166 varian-omicron-bukan-berasal-dari-afrika-selatan-tapi-belanda-T4gCQR3DkR.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

VARIAN baru dari mutasi virus Covid-19, Omicron, disebut menjadi salah satu penyebab lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara. Varian yang bermutasi lebih banyak dari varian Delta tersebut, dianggap lebih menular walaupun belum ada studi tertulis dan lembaga terkait.

Varian Omicron atau B.1.1.529 selama ini diketahui teridentifikasi pertama di Afrika Selatan dan dilaporkan ke Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 24 November 2021. Tapi, fakta terbaru menjelaskan varian Omicron pertama muncul di Belanda.

Laporan Reuters menjelaskan, pemerintah Belanda mengumumkan informasi bahwa kasus Omicron terdeteksi sebelum dua penerbangan tiba dari Afrika Selatan. Artinya, Omicron sudah ada di Belanda sebelum kasus kedatangan penumpang dari Afrika Selatan.

"Sedikitnya ada 14 orang dalam penerbangan dari Johannesburg dan Capetown tiba di bandara Schipol Amsterdam pada 26 November dengan membawa varian baru yaitu Omicron," terang the National Institute for Public Health (RIVM) dalam keterangan resmi, dikutip MNC Portal, Rabu (1/12/2021).

Tapi, dalam laporan lanjutannya dijelaskan bahwa pemerintah Belanda sudah melakukan uji sampel pada sejumlah orang di Belanda yang hasilnya diketahui bahwa mereka terpapar Omicron sebelum kasus 26 November rilis.

"Kami menemukan varian Omicron dalam dua sampel uji yang diambil pada 19 November dan 23 November. Tidak jelas apakah orang-orang ini baru mengunjungi Afrika Selatan atau tidak," tulis laporan tersebut.

Kemunculan varian Omicron telah memicu kekhawatiran di seluruh dunia, terlebih karakter dari varian ini diketahui dapat melawan antibodi dan karena itu dapat memperpanjang masa pandemi.

Pemerintah Belanda melaporkan bahwa ada 61 dari 600 penumpang pada penerbangan Afrika Selatan dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron. Mereka semua kini tengah dikarantina setelah mendarat pada Jumat lalu.

Tak tanggung-tanggung, dengan temuan tersebut, pemerintah Belanda melakukan pengujian Covid-19 pada 5.000 lebih orang yang baru saja tiba dari Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe.

Sudah banyak negara yang telah menutup pintunya dari para pendatang dari Afrika maupun negara-negara yang sudah terserang oleh virus Omicron. Negara-negara tersebut diantaranya Inggris, Australia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Kanada, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Yordania, Maroko, Filipina, Jerman, dan Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini