Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaatkan Limbah Kelapa Sawit Jadi Cuan, Begini Caranya

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 620 2514852 manfaatkan-limbah-kelapa-sawit-jadi-cuan-begini-caranya-5sdH46CRFF.jpg Manfaatkan Limbah Kelapa Sawit (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masyarakat dapat memanfaatkan limbah kelapa sawit menjadi penghasilan tambahan. Turunnya harga sawit dan karet menjadi salah satu hal dibutuhkanya alternatif memperoleh penghasilan.

“Sebanyak 72% ibu rumah tangga di sana bergantung pada kebun sawit dan karet sebagai mata pencaharian tambahan. Kurangnya pemahaman dan keterampilan masyarakat mengenai pertanian organic terintregasi, kebiasan masyarakat membakar limbah lidi sawit,” ujar Senior Manager Pertamina Field Limau Zulfikar Akbar dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga: Banyak Milenial Belum Paham, Panen Sawit Tak Harus Tebang Pohon

Zulfikar mengatakan pemberian program itu juga untuk meningkatkan nilai tambah untuk masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi melalui pelatihan pengolahan limbah kelapa sawit.

“Kami tidak hanya memberikan pelatihan, kami juga berikan skill, kompetensi. Kami juga memberikan sertifikasi standar BNSP,” katanya.

Pihaknya juga mengusung program masyarakat peduli api untuk memberikan keahlian kepada masyarakat untuk menjadi operator K3 umum dan pelatihan awal penanganan kebakaran.

“Para pemuda yang tidak mempunyai skill kami perkuat menjadi masyarakat unggulan. Kami berikan pelatihan dan pemahaman,” kata Zulfikar.

Program yang tergolong dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) itu dikemas dengan nama Niat Mila Maduke Mas Pepi Samo Mbak Lisa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini