Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi dan Pendidikan untuk Generasi Penerus Bangsa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 620 2515004 pentingnya-pemenuhan-nutrisi-dan-pendidikan-untuk-generasi-penerus-bangsa-QuPg1jzqRn.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PANDEMI Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi Indonesia. Diperkirakan kondisi ini semakin mempersulit akses nutrisi dan pendidikan, yang penting bagi kemajuan masa depan anak Indonesia.

Akses yang terbatas terhadap kuota internet dan perangkat digital yang memadai juga menghambat siswa untuk belajar daring. Hanya kurang dari 15 persen siswa pedesaan yang memiliki komputer untuk belajar.

Sementara, untuk pelajar yang tinggal di perkotaan, hanya ada 25 persen yang mempunyai komputer untuk belajar dari rumah. Bahkan, banyak siswa yang berbagi ponsel mereka dengan saudara atau orang tua hanya untuk belajar.

anak pakai masker

Anak-anak tersebut juga bergantung pada temannya untuk mengerjakan tugas sekolah. Dari sisi akses nutrisi, pandemi telah berdampak pada peningkatan kurangnya akses nutrisi untuk anak. Sehingga berisiko lebih tinggi untuk mengalami kekurangan gizi.

Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci mengatakan, kolaborasi dari berbagai pihak sangat dibutuhkan. Tujuannya untuk peduli dan ambil bagian dalam mengentaskan masalah nutrisi dan pendidikan yang dihadapi anak-anak Indonesia.

โ€œDalam upaya untuk menciptakan generasi maju harus dimulai dari pengembangan kualitas hidup seorang anak sejak dini dan didukung oleh lingkungan sosial sekitar secara kolektif dan masif," kata Daisy, dalam virtual media briefing 'Kolaborasi Gerakan Sosial Ayo Tunjuk Tangan', Kamis (9/12/2021).

Untuk itu, kesadaran masyarakat akan pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hal yang penting sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi anak. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta juga akan membentuk support system yang positif.

"Semoga ke depannya keterlibatan pihak swasta dan publik untuk mendukung kemajuan anak Indonesia dapat terus meningkat," tuturnya.

Jangan kesampingkan pemenuhan nutrisi

Saat ini masih banyak anak Indonesia yang menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan yang optimal.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek), Jumeri, mengatakan bahwa kemajuan SDM Indonesia untuk mencapai visi Generasi Emas Indonesia 2045 merupakan salah satu prioritas penting pemerintah.

"Tujuannya agar dapat mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, mandiri, cerdas, dan sehat. Kami yakin anak-anak Indonesia saat ini dapat menjadi mesin pembangunan yang luar biasa saat mereka mencapai usia produktif," kata Jumeri, dalam virtual media briefing 'Kolaborasi Gerakan Sosial Ayo Tunjuk Tangan', Kamis (9/12/2021).

Anak Makan

Jumeri menambahkan generasi muda Indonesia tersebut juga dapat meraup manfaat maksimal dari bonus demografi untuk mendukung kemajuan masa depan bangsa. Namun, untuk dapat mencapai hal tersebut Indonesia harus berinvestasi sekarang juga untuk generasi muda.

Menurutnya investasi untuk generasi muda tersebut dapat dilakukan di bidang pendidikan dan kesehatan. Dua bidang tersebut bisa menjadi fondasi untuk dapat mendukung pengembangan potensi mereka secara maksimal.

"Oleh karena itu, kami menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang," tuntasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini