Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Karawang, BPBD Jabar Sebut Ribuan Warga Terdampak

Arif Budianto, Jurnalis · Senin 13 Desember 2021 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 620 2516142 banjir-karawang-bpbd-jabar-sebut-ribuan-warga-terdampak-yC3T9irYtM.jpg Ilustrasi banjir. (Foto: MPI)

BANDUNG - Ribuan warga terdampak akibat banjir yang terjadi di Kabupaten Karawang sejak Sabtu (11/12/2021). Banjir telah terjadi di empat kecamatan di Kabupaten Karawang, yaitu Kecamatan Telukjambae Barat, Kecamatan Karawang Barat, Kecamatan Tirtamulya, dan Kecamatan Banyusari.

Kasi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat H mengatakan, banjir disebabkan hujan dengan intensitas tinggi sehingga menyebabkan limpasan sungai Cibeet, sungai, Cilamaya dan sungai Citarum Meluap dengan ketinggian air ber variasi dari 5 - 120 Cm.

Akibatnya, ada lebih dari seribu warga terdampak. Data per 13 Desember 2021, warga terdampak tertinggi ada di Kelurahan Kalangligar, di mana sebanyak 267 KK atau 820 Jiwa terrdampak. Kemudian di Desa Tegalwaru sebanyak 274 KK atau sekitar 620 jiwa terdampak.

Baca juga: Kasus Rachel Vennya Kabur dari Karantina, Oknum Staf DPR Ini Divonis Bersalah Tanpa Dipenjara


Baca juga: Heboh Kasus Pelecehan Mahasiswi oleh Dosen, UNJ Diminta Bergerak Cepat

Sementara warga terdampak lainnya ada di Desa Tanjungmekar sebanyak 15 KK atau 58 jiwa. "Tercatat ada 30 perempuan dewasa mengungsi di Mushola Nurul Hidayah dan di rumah tetangga yang lebih tinggi," kata dia.

Kemudian Desa Karawang Kulon sebanyak 40 KK atau 146 jiwa dengan 77 perempuan dewasa mengungsi di rumah tetangga rumah dan pos ronda. Desa Kamurang 54 KK atau 172 jiwa, Desa Gempol Kolot sebanyak 4 KK atau 12 jiwa terdampak.

"Warga yang rumahnya terdampak bencana banjir mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga yang belum mengalami kebanjiran. Selain itu, juga kami persiapan posko banjir berada di lokasi di halaman kantor Desa Karangligar. Tapi proses assesment masih berlangsung," katanya. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini