Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Ikuti Vaksin Covid-19 Anak 6-11 Tahun, Kenali Dulu Efek Samping yang Mungkin Terjadi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 620 2516770 sebelum-ikuti-vaksin-covid-19-anak-6-11-tahun-kenali-dulu-efek-samping-yang-mungkin-terjadi-6G52S6yi8M.jpg Ilustrasi Vaksin. (Foto: Freepik)

VAKSINASI untuk anak usia 6-11 tahun resmi dimulai hari ini. Vaksinasi untuk anak-anak ini dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan terhadap varian baru omicron yang sudah terjadi beberapa daerah di dunia.

DKI Jakarta pun menjadi wilayah pertama yang melakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun. Vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun dioperasikan sebagai bentuk upaya pemerintah memberikan keamanan bagi anak-anak di tengah pandemi. Ya, vaksin terbukti memberi perlindungan untuk anak-anak dari serangan infeksi Covid-19.

Terlebih, anak-anak sudah melakukan sekolah tatap muka yang artinya pertemuan mereka dengan orang lain sudah terjadi dan ini memungkinkan risiko terpapar itu ada. Karena itu, vaksinasi menjadi senjata melawan Covid-19 selain taat protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono bahkan turun tangan langsung menyuntikkan salah seorang murid SD Negeri Cempaka Putih Timur 03 Jakarta Pusat. Di momen itu juga tampak Gubernur Anies Baswedan mendampingi.

Namun, tak bisa dipungkiri pasti ada saja orangtua yang masih ragu untuk memberikan izin kepada anaknya agar divaksin Covid-19. Edukasi tentu terus dilakukan oleh pemerintah dan tenaga kesehatan untuk meyakinkan bahwa vaksin Covid-19 aman untuk anak-anak.

Di sisi lain, penelitian yang dilakukan di Israel, salah satu negara yang sudah lebih dulu melakukan vaksinasi untuk anak-anak, mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 dalam hal ini Pfizer tidak menyebabkan efek samping berbahaya pada anak-anak.

"Hanya 1% dari 40 ribu anak-anak yang sudah divaksin Covid-19 melaporkan efek samping serius hingga mencari pertolongan dokter di rumah sakit," terang laporan survei Maccabi Health Services di laman The Jerusalem Post, dikutip MNC Portal, Selasa (14/12/2201).

"Itu artinya, vaksin Covid-19 aman dan efektif untuk anak-anak," tambah CEO Maccabi Sigal Dadon Levi.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa hanya sekitar 20% orangtua yang melaporkan anaknya mengalami efek samping seperti lemas, kelelahan, dan sakit kepala. Lagipula, orangtua pun melaporkan efek samping itu hanya bertahan satu hari, setelahnya anak-anak mereka kembali sehat bugar.

"Data survei juga mengungkapkan 7% responden mengeluhkan nyeri di tempat suntikan, tapi sepertiga lainnya tidak melaporkan rasa sakit di tempat suntikan," tambah laporan tersebut.

Survei Maccabi Health Services ini menarik kesimpulan bahwa vaksin Covid-19 tidak memberikan efek samping serius pada anak. Meski begitu, perlu ada banyak data untuk bisa memastikannya secara general.

"Tapi, kalau diambil data dari efek samping kelelahan misalnya, pada anak-anak usia 5 tahun efek samping itu terjadi hanya pada 7%, beda dengan anak-anak berusia 11 tahun yang 14% di antara mereka melaporkan alami kelelahan pasca imunisasi," papar laporan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini