Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlukah Tes Covid-19 Sebelum Bertemu Keluarga saat Natal dan Tahun Baru?

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 620 2519882 perlukah-tes-covid-19-sebelum-bertemu-keluarga-saat-natal-dan-tahun-baru-poVAxvpWod.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SALAH satu yang menyebabkan penularan Covid-19 adalah ketika kita menganggap bahwa kita akan aman ketika bertemu orang lain. Padahal, orang tersebut belum dinyatakn negatif lewat hasil tes Covid-19.

Oleh karena itu, banyak orang malah terpapar Covid-19 dari keluarga sendiri karena menganggap keluarga mereka tidak akan menularkan Covid-19 jika tanpa gejala. Apalagi, sangat jarang orang yang meminta tes Covid-19 jika ingin bertemu dengan sanak saudara.

Padahal, tes Covid-19 dianggap sebuah langkah bijaksana demi mencegah anggota keluarga terpapar Covid-19 saat pertemuan keluarga pada masa kini. Apalagi, saat ini varian Omicron sudah ditemukan di beberapa negara termasuk Indonesia.

“Pengujian memberikan lapisan perlindungan tambahan di luar vaksinasi untuk memastikan penyebaran Covid-19 tanpa gejala tidak mengakibatkan wabah,” kata dokter yang berfokus pada penyakit menular di Santa Clara Valley Medical Center, San Jose, Supriya Narasimhan, MD, seperti dikutip Antara dari Health.

Pengujian sangat penting jika Anda akan bertemu orang-orang di luar yang tidak tinggal dengan serumah dengan Anda, terutama mereka yang mungkin telah melakukan perjalanan dari lokasi lain, baik domestik maupun internasional.

"Kami merekomendasikan agar orang mengevaluasi risiko terkena Covid-19 berdasarkan perilaku semua orang yang berkumpul di pertemuan itu," tutur Narasimhan.

Lalu, bila Anda tidak tahu pasti seberapa serius orang yang ingin Anda temui telah menjalankan protokol Covid seperti mengenakan masker dan dan mempraktikkan jarak fisik, berhati-hatilah dan dorong semua orang untuk dites sebelum bertemu.

Direktur medis untuk pencegahan infeksi di Providence Mission and Providence St. Joseph Hospitals di Orange County, California, Charles Bailey, MD, setuju pemeriksaan Covid-19 dapat menawarkan ketenangan pikiran.

Namun dia menekankan pentingnya pemahaman hasil tes negatif tidak menjamin tidak adanya infeksi Covid-19. Bailey juga mengingatkan pentingnya pengujian yang harus dilakukan bersamaan dengan tindakan perlindungan lainnya yakni protokol kesehatan. "Hasilnya bisa berubah dari negatif menjadi positif sehari setelah tes dilakukan," kata Dr. Bailey.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini