Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, IDI Dorong Dokter Indonesia Lakukan Riset

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 620 2521715 tingkatkan-pelayanan-kesehatan-idi-dorong-dokter-indonesia-lakukan-riset-HsChKffju6.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PARA dokter di Indonesia didorong untuk melakukan riset untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Daeng M Faqih, SH, MH mendorong para dokter di Indonesia agar memiliki budaya dan semangat melakukan riset demi tercapainya kemandirian dan inovasi di bidang pelayanan kesehatan dan penunjangnya.

 Dokter

Dorongan ini salah satunya diwujudkan melalui gelaran Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia (AKCDI) yang memasuki penyelenggaran ketiga.

"Ke depan, dengan budaya riset yang baik dan pemerintah juga mendorong budaya riset di tanah air ini kita akan bisa mendorong inovasi dan kemandirian di bidang pelayanan kesehatan dan industri pendukung pelayanan kesehatan," ujar dia dalam konferensi pers Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia 2021 yang digelar daring, dikutip Antara.

Daeng berpendapat, kemauan atau budaya untuk riset cukup lemah di Indonesia. Jumlah jurnal-jurnal hasil riset, menurut dia, lebih kecil dibandingkan negara-negara lain.

Lebih lanjut, berkaca dari pandemi yang sudah terjadi hampir dua tahun terakhir, Indonesia bahkan belum mandiri dalam hal penatalaksanaan kesehatan dan menunggu arahan dari negara-negara lain.

"Misalnya penatalaksanaan, pasti kita menunggu arahan dari mana-mana yang dipraktikkan beberapa negara, baru kita mengikuti termasuk barang-barang-barang atau alat kesehatan yang diperlukan untuk pelayanan kesehatan. Dengan terobosan riset ke depan, inovasi dan kemandirian harapannya bisa didorong," tutur dia.

Oleh karena itu, melalui pemberian penghargaan pada para periset dalam hal ini dokter diharapkan setidaknya memberikan semangat pada mereka yang aktif dan melakukan riset.

Lebih lanjut, apabila semangat dan budaya dokter Indonesia untuk melakukan riset terbentuk maka yang bisa diharapkan kemudian yakni kebijakan kesehatan termasuk pelayanan kesehatan berbasis riset sehingga terukur.

"(Kami) ingin mendorong semangat dan budaya dokter Indonesia untuk melakukan riset, sehingga begitu dorongan ini bagus, budaya dan semangat terbentuk, kita berharap tumbuh kembangnya kemandirian di Indonesia," kata dia.

Direktur Pharma Kalbe Farma Mulia Lie menambahkan, riset penelitian di bidang kesehatan saat ini sangat dibutuhkan. Karena banyaknya perubahan, terutama karena munculnya penyakit baru serta hantaman pandemi Covid-19.

"Di Indonesia budaya untuk riset ini kurang, maka kita harus menumbuhkan minat dan budaya penelitian terutama di kalangan dokter-dokter Indonesia," ucapnya.

Diakuinya, adanya dorongan untuk melakukan penelitian kesehatan seperti ini membawa sisi positif. Bahkan kualitas riset juga semakin bertambah.

"Malah dengan adanya pandemi ini juga merangsang dan animonya untuk penelitian cukup besar walau ada keterbatasan. Tentu hal ini baik untuk kemajuan kesehatan di Indonesia, tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini