Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingat! Seluruh Alun-alun di Jatim Tutup saat Malam Tahun Baru

Lukman Hakim, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 620 2523832 ingat-seluruh-alun-alun-di-jatim-tutup-saat-malam-tahun-baru-gz02bQ05nd.jpg Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Antara)

SURABAYA - Seluruh alun-alun di Jawa Timur (Jatim) akan ditutup guna mencegah kerumunan massa dan penyebaran Covid-19 saat malam pergantian tahun. Penutupan dilakukan selama 9 jam, yakni pada 31 Desember 2021 mulai pukul 20.00 WIB hingga 1 Januari 2021 pukul 05.00 WIB.

“Penutupan ini demi kebaikan kita bersama untuk antisipasi terhadap varian Omicron yang sekarang melonjak. Bahkan 82 negara sudah terkonfirmasi ada Omicron, di Indonesia juga ada 47 kasus yang terkonfirmasi Omicron,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sebuah acara di Sidoarjo, Selasa (28/12/2021).

Selain alun-alun, pada jam dan waktu yang sama, Pemprov Jatim juga menutup jembatan Suramadu. Kebijakan tersebut sebagai antisipasi berkumpulnya masyarakat pada malam pergantian tahun.

"Seluruh jalan-jalan utama yang berpotensi digunakan untuk berkumpulnya masyarakat dan konvoi juga ditutup. Di Surabaya misalnya, di kawasan Kenjeran, lalu Jalan Tunjungan, Raya Darmo, dan sekitarnya," ujarnya.

 Baca juga: Omicron Merebak, Wapres: Percepat Booster Vaksinasi untuk Masyarakat

Namun, kata dia, ada beberapa pengecualian bagi kendaraan yang diperbolehkan melintas. Seperti kendaraan yang kaitannya dengan logistik, bahan bakar minyak (BBM) dan kedaruratan terutama layanan kesehatan.

"Kami ingatkan bahwa tidak ada perayaan malam pergantian tahun di seluruh kawasan. Termasuk berkumpul atau menyalakan kembang api hingga pawai keliling kota," pungkas Khofifah.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman menambahkan, sejauh ini arus kendaraan yang masuk wilayah Jatim terpantau belum ada peningkatan. Meskipun landai Polda Jatim tetap akan memperketat penjagaan di sejumlah titik potensi kerumunan masyarakat.

"Kami berupaya betul untuk mengendalikan kerumunan massa dalam perayaan tahun baru. Tempat-tempat publik yang akan menjadi tempat perkumpulan masyarakat kiranya kita kelola. Yaitu pengalihan arus maupun sampai penutupan," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini