Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Anggap Remeh Omicron meski Disebut Tak Lebih 'Galak' dari Delta

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 620 2532169 jangan-anggap-remeh-omicron-meski-disebut-tak-lebih-galak-dari-delta-sLhyp7R7w7.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)
A A A

EPIDEMIOLOG dari universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman membenarkan bahwa varian Omicron mengalami sedikit penurunan tingkat keparahan dibandingkan dengan varian Delta. Namun varian asal Afrika Selatan ini tetap tidak dapat dianggap remeh karena sama-sama berbahaya.

Sebagaimana diketahui varian yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada 24 November 2021 tersebut memiliki banyak sekali mutasi pada proton spike. Kondisi ini membuat varian Omicron ini memiliki kemampuan menginfeksi yang jauh lebih cepat ketimbang varian sebelumnya.

Omicron

Selain itu varian Omicron juga memiliki kemampuan untuk mereinfeksi tubuh manusia meski sudah mendapatkan kekebalan tubuh dari vaksinasi, dan kekebalan alami dari infeksi Covid-19 sebelumnya, atau bahkan dari infeksi plus vaksinasi.

"Jadi kalau secara keparahan memang ada penurunan dibandingkan Delta tapi kalau potensi dia mengalami pemburukan tetap ada. Dan itu harus dihindari dengan cara melakukan monitoring yang ketat," kata dr. Dicky, saat dihubungi MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : 4 Cara Tingkatkan Imunitas untuk Lawan Varian Omicron

Baca Juga : Bukan Virusnya Lemah, Ini Alasan Pasien Omicron Bergejala Ringan!

Menurut Dicky, monitoring ketat yang dilakukan pemerintah memiliki manfaat untuk mencegah kasus-kasus perburukan dan kematian yang sebetulnya tidak harus terjadi dan bisa dihindari. Selain itu Dicky juga menyarankan pemerintah untuk merevisi status kasus kontak.

"Pemerintah pusat maupun daerah juga harus mulai melihat pada giliran adalah merevisi kasus kontak. Karena varian Omicron ini begitu cepat dan efektif dalam menular dan akan banyak orang dalam kasus kontak," tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini