Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Dapat Bantuan Alat Medis dan 9 Juta Vaksin dari Jerman

Dominique Hilvy Febiani, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 620 2537491 indonesia-dapat-bantuan-alat-medis-dan-9-juta-vaksin-dari-jerman-QIcxR8g8VG.jpg Bantuan alat medis dan vaksin dari Jerman untuk Indonesia (foto: dok Kemenkes)
A A A

JAKARTA - Pemerintah Indonesia kembali mendapatkan bantuan untuk penanganan Covid-19 dari Jerman. Distribusi bantuan diserahkan secara simbolis oleh Duta Besar Jerman untuk RI, Ina Lepel kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin 24 Januari 2022.

"Saya bangga dan bersyukur hari ini dapat menyerahkan secara simbolis persediaan medis yang terdiri atas 67 ventilator, lebih dari 2.000 dosis obat terapi covid-19, serta 9.183.820 juta dosis vaksin covid-19," kata Lepel dalam keterangan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta.

Baca juga:  DPR: Panja Vaksin Dibentuk untuk Pengawasan

Bantuan tersebut berupa alat medis, obat terapi Covid- 19 dan jutaan dosis vaksin. Kerja sama dose sharing vaksin ini didistribusikan melalui Covax Facility. Vaksin yang diperoleh yakni berupa vaksin AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna. Dukungan vaksin sudah diberikan sejak Desember 2021.

Selain itu, 2.016 dosis obat Covid-19 yang diterima berupa obat terapi antibodi monoklonal Casirivimab dan Indevimab. Sebanyak 67 ventilator medis telah dikirimkan sejak pekan lalu.

Baca juga:  WHO Rekomendasikan Dosis Vaksin Pfizer Dikurangi untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Follow Berita Okezone di Google News

Lepel mengatakan, pemerintah Jerman terus berkomitmen untuk mencapai tujuan herd immunities melalui program vaksinasi nasional di Indonesia.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan porsi terbesar dukungan global Jerman dalam perjuangan bersama melawan pandemi. Ini merupakan sinyal kuat dari hubungan bilateral yang baik, dan kami dengan bangga merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik ini pada 2022,” ujarnya.

Selain itu, Menkes Budi menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Jerman atas dukungannya. Menurutnya, kerja sama dose sharing ini merefleksikan komitmen pemerintah Jerman untuk mendukung program vaksinasi di Indonesia.

“Kerja sama bilateral antara dua negara,dan juga dukungan dari stakeholder terkait adalah poin utama dalam menangani pandemi ini,” ungkap Budi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini