Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat, Ini 17 Platform Telemedicine Gratis bagi Para Pasien Omicron

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 620 2539239 catat-ini-17-platform-telemedicine-gratis-bagi-para-pasien-omicron-uEF5eyx97R.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA Pandemi Covid-19 layanan kesehatan memang banyak yang beralih secara online. Pasalnya, banyak orang lebih memilih menghindari rumah sakit atau pusat kesehatan karena takut terpapar Covid-19.

Apalagi, jika orang tersebut memang terpapar Covid-19. Meskipun gejalanya ringan, tapi bukan berarti dia tidak perlu mendapatkan perawatan medis. Tapi tidak mungkin dong, dia harus pergi ke pusat kesehatan atau rumah sakit.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun menyiapkan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis di 17 platform bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron. Obat-obatan ini dikhususkan bagi pasien yang melakukan Isolasi Mandiri (Isoman).

Adapun sasaran layanan ini adalah pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, dengan kondisi rumah layak Isoman, serta diperiksa dan berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek).

Merangkum dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Jumat (28/01/2022), layanana telemedicine ini bersifat gratis. Namun masyarakat harus mengikuti beberapa alur untuk mendapatkan layanan Telemedicine Kemenkes ini. Adapun syaratnya meliputi:

1. Lakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem Kemenkes.

2. Jika hasilnya positif, laboratorium melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes.

3. Pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis, atau bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman. kemkes. go. id.

4. tekan link yang ada di pesan WA atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri, lalu memasukkan kode voucher untuk konsultasi dan paket obat gratis.

5. Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman. kemkes. go. id/pesan_obat.

6. Hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan), yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Adapun ke-17 platform telemedicine yang bekerjasama dengan Kemenkes, diantaranya:

1. Aido Health

2. Alodokter

3. GetWell

4. Good Doctor

5. Halodoc

6. Homecare 24

7. KlikDokter

8. Lekasehat

9. LinkSehat

10. Mdoc

11. Milvik Dokter

12. ProSehat

13. SehatQ

14. KlinikGo

15. Trustmedis

16. YesDok

17. Vascular Indonesia

Adapun jenis obat atau vitamin gratis yang bisa didapatkan pasien terdiri dari 2 macam paket, yakni:

1. Paket A untuk pasien tanpa gejala:

Multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet

2. Paket B untuk pasien bergejala ringan:

Multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet

Favipiravir 200mg 40 kapsul atau Molnupiravir 200mg – 40 tablet

Parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini