Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vaksinasi Anak 6-11 tahun Masih Rendah, Perlu Kolaborasi dari Berbagai Kalangan

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 21 Februari 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 620 2550662 vaksinasi-anak-6-11-tahun-masih-rendah-perlu-kolaborasi-dari-berbagai-kalangan-RJfml69RyS.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

JUMLAH anak yang menderita Covid-19 di Indonesia memang cukup tinggi. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mendata per 24 Januari 2022, kasus Covid-19 pada anak masih di angka 676 kasus. Sepekan selanjutnya, 31 Januari 2022, jumlahnya sudah meningkat menjadi 2.775 kasus.

Mirisnya, persentase vaksinasi untuk kelompok anak usia 6 hingga 11 tahun tersebut masih di bawah target. Padahal, mereka adalah salah satu kelompok yang rentan untuk terpapar Covid-19 bahkan membawa virus pada keluarga lain.

“Vaksinasi anak 6-11 tahun harus makin digenjot dan diintensifkan bersama. Kita tidak ingin jumlah anak yang terpapar Covid-19 terus meningkat,” Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melalui siaran persnya seperti dilansir dari Antara.

Dia menekankan, pentingnya kolaborasi berbagai pihak agar pelaksanaan vaksinasi lebih menarik bagi anak, sehingga juga akan mendorong orang tua menyegerakan langkah perlindungan tersebut bagi putra-putri mereka.

Untuk mengoptimalkan cakupan vaksinasi, anak membutuhkan pendekatan yang berbeda jika dibandingkan dengan vaksinasi pada orang tua. Anak biasanya lebih aktif bergerak sehingga kegiatan vaksinasi perlu dikemas menarik.

“Seluruh pihak harus memberi perhatian guna mengejar target ini dengan dukungan sumber daya dan pendekatan yang berbeda, utamanya agar kegiatan vaksin lebih menarik bagi anak,” kata Johnny.

Kolaborasi itu dapat dilakukan antara pemerintah pusat maupun daerah, swasta, TNI Polri, lembaga negara, instansi pendidikan, serta seluruh elemen masyarakat. Melalui kerja sama yang tepat, ujar Johhny, diharapkan percepatan vaksinasi akan lebih baik.

Sebagai contoh, kolaborasi yang telah dilaksanakan seperti antara Polres Metro Jakarta Selatan dan Yayasan Global CEO Indonesia di sentra bermain Kidzania. Selain itu, Badan Intelijen Negara (BIN) juga bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk vaksinasi anak di sekolah-sekolah dasar di Jakarta.

Di daerah, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Bali dalam menggelar vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun di beberapa lokasi di Bali sejak Desember lalu. Pemerintah Indonesia menargetkan 26,4 juta anak usia 6 hingga 11 tahun untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, data Kementerian Kesehatan mencatat capaian vaksinasi anak untuk dosis pertama baru mencapai 66,72 persen atau 17,6 juta anak dan dosis kedua berada pada kisaran angka 29,28 persen atau 7,7 juta anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini