Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Situs Pemerintahan Ukraina Diretas, Sebarkan Isu Menyerah dari Rusia

Antara, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 620 2556273 situs-pemerintahan-ukraina-diretas-sebarkan-isu-menyerah-dari-rusia-HCDWugEk5A.jpg Ilustrasi. (Foto: Ant)
A A A

JAKARTA - Peretas masuk ke situs lokal pemerintah Ukraina. Selanjutnya, dia menyebarkan berita palsu.

Dinas Komunikasi Khusus dan Perlindungan Informasi melalui Twitter mengatakan sejumlah situs resmi "otoritas regional dan pemerintahan lokal" diretas dan digunakan untuk menyebarkan kebohongan soal perjanjian untuk mengakhiri perang.

Dikutip dari Reuters, berita palsu yang dimuat di situs tersebut berisi Kiev menyerah dan menandatangani perjanjian damai dengan Moskow.

Dinas menyatakan "musuh" bertanggung jawab atas peretasan ini. Mereka belum memberikan penjelasan soal peretasan ini, belum jelas juga situs apa yang dimaksud.

Rusia membantah menggunakan peretas untuk menyerang musuh, tapi, dokumentasi menunjukkan Kremlin menggunakan mata-mata siber.

Follow Berita Okezone di Google News

Pemerintah Ukraina dan peneliti mengaitkan peretasan yang pernah terjadi sebelumnya ke Belarusia.

Peretasan terhadap situs atau akun pemerintahan sudah pernah terjadi sebelumnya. Peneliti selama beberapa tahun belakangan melacak kelompok bernama "Ghostwriter", yang menerobos masuk situs berita untuk menyebarkan klaim palsu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini