Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Tren Covid-19 Menurun, 5 Provinsi Ini Masih Alami Kenaikan

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 620 2557651 meski-tren-covid-19-menurun-5-provinsi-ini-masih-alami-kenaikan-19eMjAuLz1.jpg Ilustrasi Covid-19. (Foto: Freepik)

KASUS positif Covid-19 memang sudah mulai mengalami penurunan, meski demikian bukan berarti pandemi di INdonesia sudah berakhir. Pasalnya, beberapa daerah di Indonesia masih mengalami peningkatan kasus.

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono mengatakan secara tren, kasus Covid-19 di tingkat nasional memang mulai menurun. Selain itu, reproduction virus pun sudah mulai turun di setiap pulau besar di Indonesia.

"Tapi di 5 Provinsi trennya masih sedikit meningkat, yakni Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Kalimantan Utara,” ujar Wamenkes Dante, dalam siaran langsung Hasil Ratas Evaluasi PPKM. Senin (7/3/2022).

Dari segi aspek terapeutik atau perawatan, jumlah perawatan pasien Covid-19 secara nasional juga terus mengalami penurunan. Wamenkes Dante menyebutkan, saat ini pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit bukan pasien akut bergejala berat. Sebab 60 persen di antaranya hanyalah pasien positif yang bergejala ringan.

“Jumlah perawatan nasional di rumah sakit sudah menurun, 60 persen yang dirawat bergejala ringan atau bahkan tak bergejala. Jadi sebenarnya, kasus yang dirawat di rumah sakit ini adalah kasus yang tidak memerlukan perawatan klinis medis,” katanya.

Selain itu, dia menyebutkan jika angka kematian kasus Covid-19 di Indonesia 50 persen di antaranya disumbang bukan karena infeksi Covid-19, melainkan lantaran para penderita tersebut memiliki penyakit penyerta. “Separuh komorbid yang meninggal tersebut, terutama berusia lanjut dan belum divaksinasi lengkap,” tambahnya.

Wamenkes Dante menambahkan, dari catatan data kematian di rumah sakit diperoleh tiga jenis penyakit utama yang berkontribusi dalam kasus kematian pada pasien positif Covid-19.

“Hasil audit kematian di rumah sakit menunjukkan mayoritas kasus meninggal tersebut adalah orang lansia dengan diabetes, hipertensi, dan gagal ginjal,” tutup Wamenkes Dante.

Sebagai informasi, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, data angka kematian per Minggu 6 Maret 2022 tercatat bertambah 254 orang, menjadikan total angka kematian menyentuh 150.172 kematian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini