Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Punya Desa Energi, seperti Apa?

Antara, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 620 2558272 ri-punya-desa-energi-seperti-apa-J8clfMMDFX.jpg RI Punya Desa Energi (Foto: Subholding Gas)
A A A

JAKARTA - Indonesia mempunyai desa energi. Desa energi ini mendukung program destinasi superprioritas pemerintah melalui pembangunan Gasblock.

Fasilitas Gasblock merupakan ikon terbaru dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah sebagai perwujudan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi, yang ramah lingkungan, serta Desa Energi PGN yang unik, asri, dan kaya budaya Indonesia.

Baca Juga: Wow! 'Harta Karun' Super Langka Rebutan Dunia Tersebar di RI, Cek Lokasinya

Ada beberapa fasilitas baru ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan dan menarik minat wisatawan.

"Tujuan dibangunnya Balkondes Karangrejo adalah wadah dan wujud manunggalnya perusahaan dan masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Selain itu, juga memperkenalkan Desa Karangrejo sebagai desa energi," ujar General Manager Sales Operation Region 3 Wilayah Jatim Jateng (SOR 3) PGN Iwan Yuli Widyastato seperti dilansir Antara, Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Desa Energi Karangrejo sudah tersertifikasi yang membuktikan bahwa layanan homestay dapat diandalkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk mewujudkan kolaborasi energi dalam lanskap keindahan bumi Borobudur, Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN Tbk membangun pipa gas sepanjang 3.900 meter untuk melayani 204 sambungan jaringan gas bumi rumah tangga warga sekitar balkondes di Dusun Kretek dan Bumen.

Sebagai ikon baru, Gasblock memasang monumen meter regulating system (MRS) ukuran G.1600, yang biasanya digunakan untuk pelanggan industri dan bulk customer dengan diameter pipa 12 inci dan 16 inci.

Selanjutnya, menggunakan energi gas bumi untuk water heater homestay balkondes, serta meja obor dan obor api abadi di beberapa titik.

Balkondes PGN Karangrejo memiliki layanan homestay, yang terdiri atas empat unit family, dua couple, dan empat room single. Selain itu, juga tersedia restoran, meeting room, dan weeding room.

"Diharapkan, kehadiran PGN mendorong kemajuan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan sesuai dengan semangat energizing community Subholding Gas Pertamina," sebut Iwan.

Camat Borobudur Subianto mengatakan kerja sama masyarakat dan pemerintah desa dalam pembangunan Balkondes PGN Karangrejo diharapkan dapat menjadi panutan bagi 19 desa lainnya di Borobudur.

"Insya Allah tidak lama lagi, kami akan menjadi kecamatan mandiri, diawali dari desa yang mandiri secara anggaran. Desa Karangrejo ini merupakan salah satu desa di Borobudur yang memiliki kemandirian anggaran, sehingga tidak hanya pada dana desa," ujarnya.

Masyarakat Desa Karangrejo aktif mengelola balkondes dan seluruh keuntungan dari kegiatan wisata masuk ke desa, sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini