Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pansel Komnas HAM Ingatkan Pentingnya Rekam Jejak Calon Anggota

Inin Nastain, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 620 2558920 pansel-komnas-ham-ingatkan-pentingnya-rekam-jejak-calon-anggota-xCXImU0B73.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Beberapa kualifikasi diharapkan muncul pada anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Setidaknya ada 3 kualifikasi yang disusun Panitia Seleksi (Pansel) Komnas HAM yang diharapkan bisa muncul kepada anggota terpilih, salah satunya pentingnya rekam jejak para calon anggota.

Pertama, memiliki visi dan misi mengembangkan kelembagaan Komnas HAM yang strategis dan visioner. Selain itu, diharapkan memiliki kemampuan dalam memaksimalkan kewenangan penyelidikan pro justisia.

"Dan membuat terobosan untuk mendorong penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu," kata Wakil ketua Pansel ibu Kamala Candrakirana, Rabu (9/3/2022).

"Kemampuan dalam membangun relasi dan kerjasama yang baik sebagai upaya pemajuan HAM," lanjut dia.

Kamala mengaku, bersama rekan-rekannya di Pansel, berharap para komisioner Komnas HAM itu nantinya bisa berpikir strategis. Hal itu dinilai penting mengingat banyaknya masalah yang belum tuntas.

"Kami mengutamakan, harapan kita kepada para pendaftar mereka bisa berfikir strategis. Ini masalah sudah banyak sekali. Daftar masalah ini akan terus bertambah. Ini berkaitan dengan nyali," jelas dia.

Untuk mendapat Komisioner yang bernyali, jelas dia, selain psikotes, dibutuhkan juga rekam jejak para calon. Dari rekam jejak itu, diharapkan bisa diketahui karakter mereka.

"Psikotes itu penting. Yang lebih penting adalah rekam jejak, yang bisa membantu kita menilai sejauh mana seseorang punya daya tarung. Karena itu, peran media penting sekali. Karena kawan kawan punya jaringan luas," papar dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini