Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raffi Ahmad Penasaran Beda TV Digital dan Analog, Intip Jawabannya

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 13 Maret 2022 00:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 13 620 2560692 raffi-ahmad-penasaran-beda-tv-digital-dan-analog-intip-jawabannya-31JgeECwEy.jpg Raffi Ahmad. (Foto: Okezone)

MASYARAKAT harus bersiap migrasi dari tv analog ke tv digital mulai akhir April 2022. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pun penasaran dengan bedanya.

"Sayang-sayang aku sekarang kalau mau nonton tv bingung deh, ada tv analog, tv digital," kata Nagita dalam tayangan YouTube.

"Kamu gak tau ya beda tv analog dan digital, kasihan deh lu," jawab Raffi sambil bercanda

Dia pun mencari tahu beda tv analog dan tv digital ke pakarnya. Yakni bertanya ke Dirjen Penyelnggara Pos dan Informatika Kementerian Kominfo pada saty kesempatan.

"Istri saya dan orang-orang di luar nanya beda tv analog dan digital pak," tanya Raffi.

ย BACA JUGA:Selesai Isoman, Raffi Ahmad Langsung Bagi-bagi 500 Gram Emas untuk Karyawan RANS

Ahmad pun menjawab dengan gamblang soal perbedaan tv lama dan tv baru ini. Ada berbagai sisi keuntungan jika Anda memakai tv digital.

ย raffi

"Sebetulnya kita bisa lihat dari berbagai sisi. Kalau dari sisi penonton sebenanrnya tidak akan berubah yakni bisa menikmati free 2 air. Kalau sekarang ada seliweran cerita kalau digital berbayar itu salah, jadi tetap free 2 air," terang Ahmad.

Hanya saja penonton akan diuntungkan mendapat kualitas gambar yang lebih bagus dan lebih jernih. Tentu menonton acara tv kesayangan Anda jadi lebih nyaman.

Setelah memahami perbedaannya, Raffi mengaku siap mendukung pemerintah dan bantu sosialisasi selama masa migrasi berlangsung. "Untuk peralihan ditigal ini pasti kita support," kata Raffi menambahkan.

Wajib tahun nih Okezoners, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengatakan pada 30 April 2022, siaran TV Analog di 166 Kabupaten/Kota (56 wilayah layanan siaran) akan dimatikan. Masyarakat di daerah tersebut tidak lagi bisa menonton siaran televisi dengan perangkat TV analog. Selanjutnya, siaran televisi beralih ke penyiaran TV Digital.

Dia menambahkan ada tiga tahap penghentian. Tahap pertama penghentian siaran TV Analog dilakukan pada 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga atau paling akhir 2 November 2022.

"Tahapan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri No. 11/2021 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 6/2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran,โ€ katanya, dikutip Antara.

Sementara itu, Perwakilan Evercoss Aldiano Sikumbang menjelaskan, untuk menonton siaran televisi digital, masyarakat butuh penyesuaian perangkat. Bila perangkat TV di rumah sudah ada tuner standar DVB T2 di dalamnya, cukup lakukan scanning ulang saja.

Sebaliknya, jika pesawat televisi masih analog dan tidak berencana mengganti pesawat televisi, cukup menambahkan Set Top Box (STB) yang bersertifikasi lalu merangkaikannya dengan televisi.

โ€œSetiap STB yang bersertifikasi, sudah pasti bisa menangkap siaran TV digital yang dapat dinikmati dengan gambar lebih jernih dan beresolusi tinggi. Bedanya pada kualitas gambar yang ditawarkan serta beberapa fitur tambahan untuk kemudahan pengoperasian,โ€ tuturnya.

Dia mengatakan, STB yang berkualitas tentunya mengusung fitur advance. Perangkat tersebut dapat merekam siaran TV yang sedang tayang dengan perangkat External (flashdisk) loh.

Selain itu, STB ada juga yang bisa terkoneksi menggunakan USB, HDMI, WIFI yang dioperasikan melalui remote control, sehingga menghasilkan tayangan Full HD. Juga dapat terhubung ke semua tipe TV, baik tipe Smart TV maupun TV LED biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini