Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konvoi MotoGP Melintas, Jalan MH Thamrin Jakarta Bakal Ditutup!

Muhammad Refi Sandi, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 620 2561775 konvoi-motogp-melintas-jalan-mh-thamrin-jakarta-bakal-ditutup-FFNW8E7iBJ.jpg Ilustrasi penutupan jalan. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Kepolisian akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara ke arah Hotel Kempinski saat parade pembalap MotoGP yang akan berlangsung Rabu 16 Maret 2022.

Ia juga menyebut akan ada penutupan jalan saat rombongan melintas sepanjang jalur MH Thamrin, Jakarta Pusat dari Utara ke Selatan.

"Dari Polda Metro akan melakukan pengamanan jalur dari istana negara akan ada penutupan jalur pada saat rombongan melintas terutama adari arah utara ke selatan, sedang dari arah berlawanan selatan ke utara akan berjalan normal seperti biasa. Akan ada penutupan satu arus itu pun pada saat rombingan melintas dari istana ke Kempinski sepanjang jalan," ucap Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2022).

Sambodo juga mengimbau masyarakat untuk menghindari kawasan Jalan MH Thamrin dari pukul 10.00-11.00 WIB. Ia pun berharap kegiatan parade dapat berlangsung aman dan tertib guna menunjukkan Jakarta dan Indonesia sebagai tuan rumah yang baik.

"Kami dari pihak PMJ mengimbau kepada masyarakat sebaiknya untuk menghindari dulu kawasan jalan Thamrin dari jam 10.00-11.00 kemudian kita sebagai tuan rumah acara ini mari kita laksanakan kegiatan ini dengan baik kita tunjukkan bahwa Jakarta dan Indonesia siap menjadi tuan rumah yang baik bagi pelaksanaan moto GP yang pertama kalinya di Indonesia pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Mandalika," ujarnya.

Sambodo mengatakan akan ada sebanyak 80 rombongan motor yang terdiri dari pembalap MotoGP dan pabrikan yang ada di Indonesia.

"Rencana besok akan diikuti oleh kurang lebih sekitar 80 pemotor 20 dari tim MotoGP, dan dibelakangnya ada 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia, dari Yamaha Ducati dan sebagainya sehingga kurang lebih total 80 yang mengikuti parade tersebut dari Istana sampai hotel Kampinski," jelasnya.

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan saat parade tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak turut serta mengambil bagian. Menurutnya, Jokowi hanya melepas saja di Istana Negara.

"Pak Jokowi hanya melepas saja di Istana," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda mengatakan acara diawali sarapan bersama dan ramah tamah antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para pembalap MotoGP di Istana Negara. Selanjutnya, parade MotoGP akan dilepas langsung oleh Presiden Jokowi.

"Jadi rencananya bapak presiden akan menerima para pembalap ini, diawali dengan sarapan bersama lalu akan ada bincang-bincang sebentar di istana, hingga akhirnya pada jam 10 para pembalap akan dilepas secara resmi oleh presiden sekaligus mengucapkan selamat bertanding di Mandalika," kata Cahyadi kepada wartawan di Kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Lalu setelah itu rangkaiannya akan ada 20 pembalap mulai dari Marquez, joan mir, Bagnaia, jack Miller. Jadi totalnya akan ada 20 pembalap, termasuk juga didalam rangkaian itu ada 2 pembalap moto3 dan Iatc dari Indonesia. Jadi akan ada 2 pembalap Indonesia dalam rangkaian tersebut. Jadi dari 20 pembalap ini akan memulai Paradenya, rangkaian acaranya dari istana merdeka sampai hotel Kempinski," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini