Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KKP Bangun Tambak Udang Terintegrasi Senilai Rp2,25 Triliun

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 620 2565043 kkp-bangun-tambak-udang-terintegrasi-senilai-rp2-25-triliun-quT060HsAK.jpg KKP bangun tambak udang terintegrasi senilai Rp2,25 triliun. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mendorong pembangunan tambak udang terintegrasi di Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk produktivitas masyarakat sekaligus menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah.

Sakti menyatakan pembangunan tambak udang ini akan menggelontorkan biaya senilai Rp2,25 triliun.

Targetnya, pembangunan ini dimulai pada pertengahan tahun 2022 dengan memakan waktu selama dua tahun.

"Kita instal pembangunan ekonomi di sini berupa tambak udang modern agar produktivitasnya meningkat. Dan yang paling penting haknya adalah yang punya pemilik lahan dan pekerja harus warga di sini," ujar Menteri Trenggono dalam keterangannya, Dikutip Senin (21/3/2022).

 BACA JUGA:Bangun 7 Sentra Kuliner, KKP Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat

Pembangunan kawasan budidaya udang terintegrasi di Kabupaten Sumbawa direncanakan di lahan seluas kurang lebih 528,15 hektare yang berada di Desa Penyaring, Desa Kukin dan Desa Baru Tahan.

Jumlah kolam yang akan dibangun sebanyak 1.811 kolam.

“Kawasan tambak udang modern ini akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti kantor pusat kontrol manajemen, laboratorium, mess karyawan, nursery pond, kantor kontrol, dan jalan. Sedangkan kondisi saat ini bentuk tambak tidak beraturan, tidak memiliki saluran inlet dan outlet, serta tidak memiliki tandon dan instalasi pengolah air limbah (IPAL),” paparnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Melalui pembangunan tambak udang modern ini, KKP mendorong peningkatan produksi tambak budidaya tradisional di Sumbawa yang selama ini hanya 0,6 ton per hektare menjadi 40 ton per hektare.

“Di samping itu, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat serta nasional dengan lahirnya kegiatan ekonomi pendukung, salah satunya pabrik pakan. Konsep yang saya bawa atas instruksi Bapak Presiden, bagaimana ekonomi bisa bergerak di daerah, tidak lagi terpusat di Pulau Jawa. Dan yang jelas, ekologi tetap kita jaga," tegasnya.

 BACA JUGA:Menteri KKP Terapkan Penangkapan Ikan Terukur di 11 Wilayah RI

KKP memastikan pembangunan tambak udang modern di Sumbawa mengedepankan prinsip kelestarian lingkungan.

Di mana pembangunan tidak akan merusak mangrove yang ada di sekitar lokasi.

Serta akan dilakukan penanaman sebagai lokasi hijau di sekitar tambak. Kemudian, areal tambak juga dilengkapi dengan tandon air dan IPAL.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini