Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekjen PDIP: Kurangi Goreng-gorengan di Politik, Sebaiknya Goreng Santan untuk Jadi Minyak

Nur Khabibi, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 620 2569159 sekjen-pdip-kurangi-goreng-gorengan-di-politik-sebaiknya-goreng-santan-untuk-jadi-minyak-bNFodEEA6v.jpg Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Nur K/MPI)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menghadiri acara Demo Memasak Tanpa Minyak Goreng. Dalam acara yang digelar di Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung, Hasto meminta masyarakat untuk fokus terhadap cara mengatasi kelangkaan minyak goreng daripada isu politiknya.

"Untuk mengurangi goreng-gorengan di politik, sebaiknya kita menggoreng santan untuk menjadi minyak yang berguna bagi kebutuhan rakyat," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP saat mengunjungi gerai DPC Kulon Progo, Senin (28/3/2022).

Kemudian, Hasto menceritakan masa kecilnya yang hidup di salah satu desa di Yogyakarta. Menurutnya, kehidupan di desa merupakan kehidupan yang berdikari karena ketika hendak menggelar hajatan mereka akan berkumpul membuat minyak dari kelapa.

Hasto menambahkan, di tengah polemik minyak goreng sawit, dirinya justru teringat kembali bagaimana orang Indonesia aslinya sudah hidup baik dengan berbagai alternatif bahan yang bisa menyokong kehidupan. Buktinya adalah keberadaan minyak kelapa itu.

Minyak kelapa hanya salah satu contoh pangan alternatif yang dimiliki Indonesia. Ada beragam lainnya termasuk untuk bahan makanan utama. Mengambil contoh hajatan di desa tadi, Hasto mengatakan para ibu juga bergotong royong membuat makanan lainnya.

“Misalnya lemper, tape ketan. Minyak itu dibuat h-7 sebelum hajat, tapi ketan itu dibuat pada h-4, sehingga semuanya berproses sebagai bentuk gotong royong, sehingga desa itu bisa berdikari dalam mencukupi kebutuhan pangan dan ini jauh lebih sehat,” ucap Hasto.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini