Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Valtteri Bottas Ungkap Penyebab Dirinya Gagal Finis di F1 GP Arab Saudi 2022

Tino Satrio, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 620 2570938 valtteri-bottas-ungkap-penyebab-dirinya-gagal-finis-di-f1-gp-arab-saudi-2022-zqG8q8Ftpt.JPG Pembalap Tim Alfa Romeo, Valtteri Bottas. (Foto: Reuters)

JEDDAH - Pembalap Tim Alfa Romeo, Valtteri Bottas gagal membawa pulang poin dari balapan Formula One (F1) GP Arab Saudi 2022 karena tak bisa menyentuh garis finis. Menurut pemaparan Bottas, ia sengaja tak melanjutkan balapan karena ada masalah pada mesin mobilnya.

Ya, rangkaian seri F1 2022 itu sudah rampung pada 27 Maret 2022 kemarin. Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen keluar sebagai yang tercepat dan diikuti oleh Charles Leclerc (Scuderia Ferrari).

Bottas gagal mengikuti jejak para pesaingnya tersebut. Laju pembalap berusia 32 tahun itu harus terhenti pada putaran ke-36. Padahal balapan yang bagus tengah dia tampilkan.

Valtteri Bottas

Pembalap Alfa Romeo itu bertarung sengit dengan Fernando Alonso. Namun menariknya, Alonso juga masuk ke dalam daftar pembalap yang gagal finish di Jeddah Corniche Circuit.

Saat tengah bertarung sengit, Bottas seperti ingin menggunakan drag reduction system (DRS) di track lurus. Namun dalam radionya ia mengatakan bahwa tidak ada lagi power di mesin.

Sontak, pembalap asal Finlandia memilih untuk kembali ke pit. Setelah berkordinasi lewat radio, mereka harus menyudahi balapan agar tidak kehilangan mesinnya yang dikhawatirkan rusak.

"Suhu mesin mulai naik, awalnya sedikit, tapi kemudian dengan cepat, dan tidak ada yang bisa menghentikannya," kata Bottas dikutip dari Motorsport, Kamis (31/3/2022).

"Jadi mungkin ada kebocoran atau apa. Pada akhirnya kami harus menghentikan mobil agar tidak merusak mesin," imbuhnya.

Di sisi lain, Bottas sejatinya juga dibuat senang oleh mesin mobilnya tersebut. Menurutnya, jet daratnya itu memiliki kecepatan yang memuaskan untuk berburu barisan depan.

Valtteri Bottas

"Mobil terasa baik-baik saja, kecepatannya bagus. Dan jika ada mungkin kami sedikit lebih unggul dari Alpine. Jadi tidak buruk," tambahnya.

Selanjutnya Bottas dan pembalap F1 lainnya akan terbang ke Australia. Pada F1 GP Australia 2022 yang dihelat di Sirkuit Albert Park, Melbourne, para pembalap akan memulai sesi dari 8-10 April 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini