Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Kesehatan Jadi Tren Baru di Era Pandemi Covid-19

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 April 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 620 2572927 cek-kesehatan-jadi-tren-baru-di-era-pandemi-covid-19-U6ScPwaIqr.jpg Ilustrasi Medical Check-up. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 memang membuat masyarakat semakin aware terhadap masalah kesehatan. Apalagi, banyak orang tidak sadar jika mereka memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

COO laboratorium klinik kesehatan Indolab Budiman Kharma, MD, Ph.D, SpPK, mengatakan cek kesehatan medik atau medical check up, kini menjadi bagian dari tren gaya hidup baru setelah pandemi Covid-19.

"Tidak jarang ditemui penyakit yang satu atau dua dekade lalu di-identik-kan dengan penyakit pada orang tua, saat ini banyak terjadi pada dewasa muda, seperti stroke, gangguan jantung, gangguan ginjal, penyakit kanker, dan lainnya. Sekarang ini, banyak dewasa muda yang mengalami Sindrom Metabolik," kata Budiman seperti dilansir dari Antara.

Sindrom metabolik adalah kondisi yang menyebabkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes, yang mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh dan kadar kolesterol yang tidak normal.

Pemicunya adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti makanan yang kurang bernutrisi bagi tubuh, kurang berolahraga ataupun kurang gerak, jarang terpapar sinar matahari pagi, sering begadang, kurang konsumsi air putih dan serat, rokok dan alkohol, hingga resiko penyakit genetik yang acapkali diabaikan masyarakat.

Kesehatan yang sering kali terganggu akan menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu produktifitas seseorang dan menimbulkan banyak masalah di kemudian harinya. Pemeriksaan Berkala atau yang dikenal dengan medical check up memang belum menjadi budaya yang kental di Indonesia.

Namun, perlu disadari dan dipahami bersama bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati” adalah fakta yang tidak terbantahkan walaupun sering dianggap remeh oleh seseorang. Banyak orang yang merasa dirinya sehat-sehat saja dan merasa tidak perlu melakukan pemeriksaan berkala sampai pada waktunya merasakan gejala sakit, baru kemudian memeriksakan diri ke dokter.

Selain alasan tersebut, alasan yang biasanya mendasari kegundahan masyarakat adalah harus mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit dan tidak cukup waktu untuk memeriksakan dirinya karena terbentur dengan aktivitas lain.

Tidak jarang, kasus penyakit berat yang ditemukan, selalu sudah terlambat untuk ditangani dan pada akhirnya akan memakan banyak biaya, waktu dan tenaga untuk sembuh, dibandingkan pengeluaran biaya serta waktu yang dibutuhkan untuk medical check up secara rutin. Karena itu pentingnya himbauan medical check up bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sejak pandemi, banyak sekali akses fasilitas dan pelayanan kesehatan yang memadai di Indonesia guna mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia. Tidak hanya puskesmas, klinik kesehatan pun telah banyak ditemukan dan memudahkan masyarakat untuk memeriksakan kesehatan masing-masing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini