Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Gas Bumi, Impor Energi Bisa Berkurang

Antara, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 620 2579166 pakai-gas-bumi-impor-energi-bisa-berkurang-mlh9coe1vf.jpg Pakai Gas Bumi, Impor Energi Berkurang (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT PGN Tbk selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero) memperluas penyaluran gas bumi untuk pelanggan rumah tangga (jargas) dan komersial lewat layanan Gaslink CNG di Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Saya lihat yang jargas lebih aman, saya pikir safety nomor satu karena untuk perumahan. Kemudian, cukup bersih dan instalasi pipa yang sedemikian rapi. Gaslink CNG juga aman, utamanya memang tentang safety," kata Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina M Erry Sugiharto saat Gas In Gaslink CNG di Citra Bakery, Batam, Kepri dikutip dari keterangannya di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

"Kita sudah coba tadi di kompornya juga cukup bagus, warna apinya biru, dan akan lebih irit dari (bahan bakar) yang sebelumnya," sambungnya.

Baca Juga: Masih Impor 60%, Harga Elpiji Bakal Naik Lagi?

Erry berharap jargas dan Gaslink CNG tersebut menjadi fasilitas baru Pertamina di Batam.

"Tentunya, ini untuk Indonesia karena gasnya dari bumi Indonesia dan untuk masyarakat Indonesia. Ke depan, harapannya TKDN juga lebih baik dan pembelian impor energi berkurang," lanjutnya.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan jargas rumah tangga dan Gaslink CNG menyalurkan energi gas yang lebih bersih, ramah lingkungan, dibandingkan energi fosil lainnya.

"Khususnya Gaslink CNG dapat membantu meningkatkan daya saing pelanggan sektor komersial dan UMKM," ujarnya.

Gaslink CNG menjadi salah satu inovasi pemanfaatan gas bumi yang menjangkau wilayah yang belum terjangkau gas pipa PGN dan tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar.

CNG pada Gaslink dikemas dalam bentuk tabung yang movable dengan tekanan gas 200-250 bar dan volume 20 meter kubik atau setara 24 kg.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini