Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Pencairan THR, Pemprov DKI Akan Terbitkan Perkada

Carlos Roy Fajarta, Jurnalis · Senin 18 April 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 620 2580837 percepat-pencairan-thr-pemprov-dki-akan-terbitkan-perkada-3NXYwshZKK.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, akan mengeluarkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) terkait pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Riza Patria di Kantor Balaikota DKI Jakarta, Senin (18/4/2022). "Kemendagri memang meminta daerah untuk membuat Perkada terkait pencairan THR dan gaji ke-13 ASN. Itu sudah diingatkan Pak Tito agar setiap daerah melaksanakan tersebut," ujar Riza Patria.

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2022, Pemprov DKI Siapkan 7 Terminal Utama 

Ia mengungkapkan, pihaknya akan menjalankan instruksi dari Mendagri tersebut. "Kami akan laksanakan, Perkada tidak sulit karena sudah dibuat rutin setiap tahun, jadi bisa keluar dalam waktu satu dua hari ini," ujar Riza Patria.

Pembayaran THR bagi ASN di DKI kata Riza diupayakan sebelum hari lebaran. "Semoga lebih cepat waktunya. Kalau dari aturan pemerintah diusahakan H-10 sampai dengan H-7 sudah bisa diberikan. Termasuk untuk buruh dan pekerja pabrik itu sudah diatur waktunya oleh Menteri Tenaga Kerja. Diharapkan THR bisa dibagikan sesuai batas waktu aturannya," ujar Riza Patria.

Lebih lanjut, ia menyebutkan ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta diperbolehkan mudik asalkan tidak menggunakan kendaraan dinas dan masuk kembali tepat waktu.

"Terkait mudik, ASN boleh mudik tahun ini. Namun, sesuai dengan aturan dan ketentuan. Waktu-waktu nya dan syarat-syaratnya. Di antaranya tidak boleh menggunakan kendaraan dinas sesuai ketentuan peraturan Menpan-RB," ujar Riza Patria.

BACA JUGA:Pemprov DKI Sediakan Bus dan Truk untuk Mudik Gratis 2022, Bagaimana Daftarnya? 

Ia berharap, mudik tahun ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga para ASN bisa berkumpul dengan sanak keluarga di kampung dan bisa kembali ke Jakarta sesuai dengan waktunya di mana cuti bersama ASN itu 29 April - 6 Mei 2022.

"Soal THR ini memang cukup besar, tapi sudah menjadi tanggung jawab kami untuk mencarikan solusi pembiayaan. Kalau ada perusahaan swasta yang mangkir membayar THR tepat waktu, kita ikuti saja sanksi dari Kementerian Tenaga Kerja terkait swasta yang tidak membayarkan THR," pungkas Riza Patria.

(Ari)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini