Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gawat, 3,2% Pelajar dan Mahasiswa di Indonesia Terjebak NAPZA

Binti Mufarida, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 620 2581415 gawat-3-2-pelajar-dan-mahasiswa-di-indonesia-terjebak-napza-VbcI7rZgiO.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan 3,2% kalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia menggunakan Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA).

“Diketahui bahwa 3,2% kalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia menggunakan NAPZA. Ini data dari BNN 2019,” ungkap Muhadjir saat Peluncuran Permenko PMK No.1 Tahun 2022 RAN Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja secara virtual, Selasa (19/4/2022).

Selain itu, Muhadjir mengatakan terkait isu kekerasan di sekolah, rumah dan lingkungan sekitar adalah isu yang perlu di segera diatasi karena diketahui bahwa 20% remaja usia 13 sampai 17 tahun pernah mengalami perundungan.

Kemudian juga terkait kekerasan berbasis gender, perundungan berbasis cyber, pekerja anak dan risiko terpengaruh oleh paham paham radikal yang berbahaya. “Diketahui bahwa 40% anak berusia 14 sampai 22 tahun mengalami perundungan berbasis cyber sepanjang tahun 2010, ini data dari UNICEF tahun 2020,” kata Muhadjir.

Follow Berita Okezone di Google News

Muhadjir mengatakan berbagai kompleksitas masalah anak usia sekolah dan remaja tersebut memerlukan penanganan yang komprehensif dari pemerintah dan seluruh kekuatan lembaga swadaya masyarakat, kekuatan masyarakat madani dan semua pihak yang merasa ikut bertanggung jawab atas masa depan bangsa Indonesia ini.

“Oleh sebab itu, kami berharap kepada seluruh pimpinan daerah dan juga Kementerian terkait dan tentu saja juga lembaga-lembaga pendidikan sosial yang berkaitan dengan remaja dan usia sekolah ini bisa betul-betul saling bergandeng tangan bekerja dengan penuh concern, penuh kesungguhan agar cita-cita kita untuk membawa remaja kita yang kelak akan pada akhirnya akan memimpin bangsa Indonesia ini akan betul-betul berhasil seperti yang kita harapkan bersama,” tegasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini