Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlancar Distribusi BBM dan LPG saat Lebaran, Pertamina Siapkan Harbour Tug dan Small Craft

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 27 April 2022 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 27 620 2586112 perlancar-distribusi-bbm-dan-lpg-saat-lebaran-pertamina-siapkan-harbour-tug-dan-small-craft-xuEKijRJtI.jpg Pertamina Perlancar Distribusi BBM dan LPG (Foto: Dokumen PTK)
A A A

JAKARTA - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) menyiapkan strategi untuk mendukung ketahanan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG selama Ramadan hingga jelang Lebaran.

Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan menegaskan, PTK secara konkret memastikan kelancaran kegiatan operasional Marine di Pelabuhan Pertamina seluruh Indonesia, sebagai penunjang distribusi LPG dan BBM sepanjang masa Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H. Semua kegiatan dikoordinasikan secara terpusat baik dengan subholding maupun holding.

"Diawali oleh port manager dan supervisor sebagai pemberi komando di tiap lokasi, mooring gang sebagai tenaga penunjang yang melaksanakan kegiatan mooring-unmooring di sarana tambat, serta tim tenaga penunjang operational marine untuk melaksanakan kegiatan agency, port operation dan bunker control, PTK secara konkret memastikan kelancaran kegiatan operasional marine di pelabuhan Pertamina seluruh Indonesia," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Jaga Kelancaran Distribusi, Pertamina Kerahkan 199 Kapal Angkut Avtur dan BBM

PTK juga memastikan ketersediaan harbour tug untuk kegiatan sandar lepas dan operasional di sarana tambat milik Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga dan Subholding Refinery & Petrochemical (PT Kilang Pertamina Indonesia guna mendukung 282 kapal angkutan PIS.

Sebanyak 96 harbour tug yang siap operasi 100% dialokasikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing lokasi, baik di lokasi PPN maupun KPI, dengan tujuan utama yaitu lancar dan selamatnya proses sandar lepas kapal di Pelabuhan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam penyediaan kapal jenis small craft, PTK bertugas mengelola dan mengatur alokasi kapal tersebut. Sebanyak 307 small craft dikerahkan untuk kegiatan mooring unmooring, personnel transfer dan oil/fire fighting di seluruh Pelabuhan PPN dan KPI.

"Dengan target deliverables seluruh perwira PTK siap siaga untuk bertanggung jawab dan bertugas dalam kegiatan Port Operation di 101 Pelabuhan Pertamina demi terjaganya keamanan pasokan BBM melalui operasional yang selalu mengedepankan safety dan berkelanjutan," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini