Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkes Temukan 4 Kasus Diduga Hepatitis Misterius, Gejalanya Sindrom Kuning

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 09 Mei 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 620 2591240 kemenkes-temukan-4-kasus-diduga-hepatitis-misterius-gejalanya-sindrom-kuning-apA62GTdtP.jpg Ilustrasi Hepatitis Anak. (Foto: Freepik)

MENANGANI kasus hepatitis misterius, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 Tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) tertanggal 27 April 2022.

Kemenkes pun kembali menemukan adanya 4 kasus serupa yang memiliki gejala sama dengan hepatitis misterius. Kasus tersebut dilaporkan dari daerah, dengan gejala utama seperti penyakit kuning.

"Ada laporan sindrom kuning yang dilaporkan daerah sejak ditetapkan sebagai kewaspadaan," tutur Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid kepada MNC Portal.

Hepatitis

Dia menerangkan, temuan kasus itu masih dalam proses verifikasi. Guna memastikan apakah benar, keempat kasus dilaporkan benar Hepatitis akut misterius. "Ada beberapa temuan kasus sekitar tiga hingga empat kasus, tapi masih diverifikasi," jelasnya

Temuan ini juga disinggung oleh dokter anak dalam konferensi pers Update Hepatitis Akut Misterius kemarin. Mengungkapkan adanya laporan-laporan dari Jakarta dan luar daerah. Namun, belum bisa dipastikan apakah itu Hepatitis akut misterius yang sedang berkembang di dunia.

"Saat ini memang sudah ada laporan-laporan, baik dari Jakarta laporan kasusnya, baik juga luar Jakarta adanya laporan-laporan dugaan untuk penambahan kasusnya (Hepatitis akut)," kata Prof. dr. Hanifah Oswari, Sp. A(K), dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI.

Sehubungan dengan ini, Kemenkes telah menunjuk antara lain Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr. Sulianti Saroso dan Laboratorium Fakultas Kedokteran UI sebagai laboratorium rujukan untuk pemeriksaan spesimen. Dalam situasi yang sama, Kemenkes juga melakukan investigasi atas kematian tiga pasien anak di Jakarta yang meninggal diduga Hepatitis akut berat.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan menemukan adanya dugaan 3 anak meninggal dunia akibat hepatitis misterius. Ketiga pasien tersebut, merupakan pasien rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Tiga pasien anak yang dinyatakan meninggal dunia itu, kemudian dilarikan ke RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya. Ketiganya meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang 2 minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Dilaporkannya kasus ini oleh Kemenkes membuat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun angkat suara, mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati atas teridentifikasinya kasus Hepatitis misterius tersebut di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini