Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Optimis Indonesia Pulih Kembali, Dokter Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 620 2598287 optimis-indonesia-pulih-kembali-dokter-ingatkan-pentingnya-vaksinasi-covid-19-dm4tnEd5Hp.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19. (Foto: Dok Okezone)
A A A

KASUS covid-19 di Indonesia tengah mengalami perbaikan. Melihat hal tersebut, dr Muhammad Fajri Adda'i, dokter relawan covid-19 sekaligus edukator kesehatan, melihat ada harapan untuk Indonesia bisa kembali seperti keadaan normal sebelum pandemi.

Kemudian menyusul adanya pelonggaran aturan terkait covid-19, seperti dibolehkan membuka masker di luar ruangan. Hal itu makin membuat optimis siapa pun, termasuk para ahli kesehatan atau dokter.

Baca juga: Ketua PDSI: Terawan Berkomitmen Membesarkan PDSI Bersama-sama ke Depannya 

Vaksinasi covid-19. (Foto: Okezone)

Namun untuk peralihan dari pandemi ke endemi, dr Fajri menegaskan masih butuh proses. "Tentu opitimis jika Indonesia bisa balik lagi dalam keadaan ke sebelum pandemi covid-19. Untuk endemi bisa dikatakan masih berproses," jelasnya kepada MNC Portal, Minggu (22/5/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan jika peralihan ke endemi bukan hal sembarangan. Sementara terkait aturan lepas masker, dr Fajri mengatakan masih perlu dipertimbangkan.

Baca juga: Boleh Lepas Makser, Indonesia Masuk Fase Endemi? 

Menurut dia, masih banyak masyarakat yang belum divaksinasi. Kemudian sejumlah negara sedang mengalami lonjakan kasus covid-19, sehingga bisa kemungkinan kecil Indonesia mengalami kenaikan juga.

"Jika melepas masker, sangat mungkin terjadi kelonjakan kasus tapi kecil kemungkinanannya. Contoh melihat di berbagai negara sedang mengalami peningkatan, seperti di Amerika yang dominan BA.2.12 kemudian di Afrika BA.4 dan BA.5 juga di Cina yang BA.2," paparnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Sehubungan dengan keadaan itu, dr Fajri secara pribadi menilai pelepasan masker sepenuhnya masih perlu dipertimbangkan. Ia juga mengimbau masyarakat tidak jemawa terhadap kondisi saat ini.

Dokter Fajri sangat mensyukuri jika adanya penurunan kasus covid-19, bahkan terkendali, pasca-Lebaran hingga saat ini.

Baca juga: 5 Momen Berkesan Achmad Yurianto saat Jadi Jubir Penanganan Covid-19, Nomor 2 soal Masker Nyentriknya 

"Kalau menurut saya secara pribadi, lebih baik ditahan dulu (tidak melepas masker). Ada kesan walaupun adanya pelonggaran, tapi masyarakat tetap harus berhati -hati," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, menurut data Satgas Covid-19 per Rabu 18 Mei 2022, vaksinasi pertama di Indonesia bertambah menjadi 70.974. Total vaksinasi pertama sudah mencapai 199.715.445.

Baca juga: Mengenal Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang Terdeteksi di Singapura 

Kemudian vaksinasi kedua sebanyak 116.223. Berarti jumlahnya di Indonesia sudah menyentuh angka 166.406.981.

Sedangkan penambahan vaksinasi ketiga sebanyak 280.112. Dengan demikian, total vaksinasi ketiga mencapai 43.014.780.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini