Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasib RSDC Wisma Atlet Setelah Kasus Covid-19 di Indonesia Mulai Terkendali

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 620 2601116 nasib-rsdc-wisma-atlet-setelah-kasus-covid-19-di-indonesia-mulai-terkendali-1yj2T1Q76P.jpeg RSDC Wisma Atlet (Foto: Okezone)

JURU Bicara Satgas Covid-19 Nasional Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa hingga saat ini Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran masih beroperasi untuk penanganan Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah ada informasi yang menyebutkan bahwa RSDC Wisma Atlet akan ditutup jika kondisi Covid-19 di Indonesia dan global semakin terkendali alias sudah endemi Covid-19.

"Situasi dunia masih pandemi, walau kondisi di Indonesia semakin terkendali. Untuk fasilitas pendukung (RSDC Wisma Atlet), tentu akan dipertahankan seperlunya," kata Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Jumat (27/5/2022).

Wisma Atlet

Menurut Prof Wiku, fasilitas kesehatan seperti RSDC Wisma Atlet masih diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus.

BACA JUGA : Usai Libur Lebaran, Kasus Covid-19 di RI Tetap Terkendali

Perlu diketahui, penyebaran virus Covid-19 masih terjadi di masyarakat. Ya, walau angkanya semakin kecil dan bahkan kejadian kasus pun bergejala ringan bahkan tak bergejala.

BACA JUGA : Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Terus Naik

Tapi, fasilitas kesehatan seperti RSDC Wisma Atlet masih diperlukan sampai akhirnya status pandemi Covid-19 dicabut oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa RSDC Wisma Atlet akan ditutup jika Indonesia sudah masuk fase endemi. Penutupan akan dilakukan otomatis setelah WHO mencabut status pandemi secara global.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini