Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Masyarakat Tetap Perlu Vaksin Booster

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 620 2603267 ini-alasan-masyarakat-tetap-perlu-vaksin-booster-ssMkVMFQ9n.jpeg Vaksinasi booster tetap penting untuk kekebalan kelompok (Foto: Timesofindia)
A A A

INDONESIA disebut telah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi. Angka konfirmasi kasus Covid-19 harian pun menunjukkan penurunan, itu kenapa peraturan soal pembatasan sudah mulai dilonggarkan.

Meski pelonggaran sudah terjadi, Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menyarankan kepada pemerintah untuk terus memperluas cakupan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Artinya, harus semakin banyak orang yang disuntik vaksin booster. Apa alasannya?

Vaksin Booster

"Vaksin booster atau dosis ketiga itu terbukti efektif terutama di era Omicron sepertj sekarang. Di beberapa negara, definisi vaksin dosis lengkap itu adalah 3 dosis, karena pemberian booster terbukti menurunkan kesakitan akibat Covid-19," terang Dicky pada MNC Portal, Sabtu (29/5/2022).

Bahkan, sambung Dicky, sebagian negara sudah mengarah ke pemberian dosis keempat dengan harapan semakin baik lagi pertahanan masyarakatnya. "Dosis kedua itu alami penurunan kekuatan, itu kenapa booster bahkan dosis keempat diberikan di sejumlah negara," tambah Dicky.

BACA JUGA : Jokowi: Ketersediaan Stok Vaksin Booster Lebih dari Cukup

Menurut Dicky, setelah pemberian booster vaksin Covid-19, kekuatan proteksi bertambah dan tidak menurun setelah 4 bulan. "Kecenderungannya, antibodi malah bertambah," ujar Dicky.

BACA JUGA : Dinkes DKI: 3,8 Juta Orang di Jakarta Telah Disuntik Vaksin Booster

Dengan begitu, sekalipun situasi Covid-19 di satu negara melandai, Dicky menegaskan, peranan booster tetap penting. Ini berlaku juga untuk Indonesia.

"Memang, kasusnya melandai tapi cakupan vaksin booster Indonesia masih di bawah 50%. Banyak lansia yang belum menerima dosis ketiga dan ini mengartikan Indonesia belum cukup aman, khususnya dalam melindungi kelompok rentan. Itu kenapa vaksib booster masih harus digalakkan untuk diberikan ke masyarakat," tambah Dicky.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini