Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliki Banyak Flora dan Fauna, Indonesia Perlu Keberadaan One Health

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 620 2608588 miliki-banyak-flora-dan-fauna-indonesia-perlu-keberadaan-one-health-6mHe4P7SLs.jpg Ilustrasi Dokter. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 telah menyadarkan banyak negara pentingnya kesinambungan sistem kesehatan antar-negara. Mengingat, sebuah pandemi tidak bisa disbereskan sendirian dan harus ada peran tiap negara untuk membuatnya berhasil.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan perlunya ada tindakan pencegahan untuk mengatasi pandemi di masa mendatang. Oleh karena itu, dia menyebut One Health menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya outbreak di masa mendatang.

Wamenkes Dante menekankan bahwa One Health bukan mengatasi penyakit sebelumnya, ada dalam manusia tapi ada dalam hewan yang pindah ke manusia.

"One Health menjadi salah satu perhatian kita semua supaya tidak terjadi outbreak di masa datang dan tidak menjadi penyakit baru di masa yang akan datang,” ujar Wamenkes Dante dalam laman resmi Kemenkes, Kamis (9/6/2022)

Dante melihat, Indonesia salah satu negara yang beragam flora dan faunanya. Sehingga mendorong perlu adanya evaluasi dan implementasi dalam konsep one health sebagai langkah pencegahan suatu penyakit dari hewan ke manusia.

Namun, ada tantangan dalam implementasi one health adalah kolaborasi dan finansial. Dikatakan dr. Dante, kolaborasi penting supaya lintas departemen dan lembaga lebih memperhatikan one health.

"Untuk itu kita terus berbenah diri, melakukan evaluasi, dan melakukan implementasi untuk membuat one health ini menjadi isu yang penting di tiap-tiap negara, terutama negara-negara yang kaya dengan keanekaragaman hewani dan hayati seperti Indonesia,” ucap Dante

Menurutnya, konsep one health ini, menjadi isu prioritas di beberapa tempat yang memang menunjukkan fluktuasi peningkatan kasus tinggi yang disebabkan oleh hewan. Terkait finansial, Dante menjelaskan memang masih menjadi pembahasan di beberapa tempat atau pertemuan.

Lebih lanjut, ia mengatakan paling penting adalah penguatan surveilans. Sistem surveilans untuk penyakit-penyakit yang berasal dari hewan ini menjadi salah satu indikator kuat yang harus diperbaiki.

β€œKalau nanti di tingkat pusat sudah teridentifikasi penyakit berdasarkan surveilans yang kuat, maka kebijakan one health bisa diimplementasikan ke tingkat desa,” tutur Dante.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini