Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anggun C Sasmi Akui Kesulitan Nyinden Gunakan Bahasa Kromo Inggil

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 620 2609432 anggun-c-sasmi-akui-kesulitan-nyinden-gunakan-bahasa-kromo-inggil-9bmeMhEwdH.jpg Anggun C Sasmi (Foto: IG Anggun)
A A A

JAKARTA - Anggun C Sasmi kembali membuat bangga Indonesia di mata dunia. Baru-baru ini, penyanyi 48 tahun itu tampil memukau saat nyinden dalam gelaran Java in Paris di Paris, Prancis pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

Saat tampil di sana, Anggun terlihat begitu cantik dalam balutan dress oranye terang, membuat semua mata langsung tertuju padanya. Di penampilan lainnya, wanita kelahiran 29 April 1974 itu bahkan mengenakan busana khas Indonesia, yaitu batik.

Anggun C Sasmi

Anggun terlihat bernyanyi sambil nyinden di jalanan Rue de Rivoli yang sempat ditutup selama kurang lebih 45 menit. Tak sendirian, orkestra gamelan serta 28 penari asal Solo, Jawa Tengah, pun juga ikut tampil mengiringi penampilan Anggun di hadapan ribuan masyarakat kota Paris.

Ini adalah kali pertama Anggun tampil nyinden di hadapan publik. Tentu saja momen epic itu sangat berkesan bagi dirinya, terlebih membawakan lagu Jawa tersebut di hadapan penonton mancanegara.

"Sebagai wanita Jawa, saya terharu dan bangga diberi kepercayaan untuk menyinden dengan bahasa Jawa halus (Kromo Inggil) kemarin di Paris!" tulisnya dalam Instagram, Jumat (10/6/2022).

Tampil menyinden ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anggun, mengingat dirinya sama sekali tak memiliki pengalaman melantunkan lagu tersebut. Meski hasilnya tak sempurna, tapi dia tetap merasa bangga bisa mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

"Susaaah banget dan hasilnya belum sempurna tapi bangga sekali bisa mengenalkan budaya Jawa ke masyarakat Prancis," sambungnya.

Anggun pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat atas totalitasnya dalam bekerja untuk membuat pertunjukan yang menakjubkan di jalanan pusat Paris ini. Terlebih, acara ini berjalan sangat lancar, meski tanpa adanya latihan.

"Sebuah kebanggaan besar dalam mewakili warisan budaya Jawa saya di Paris. Peluncuran #JavaInParis Rue de Rivoli ditutup selama 40 menit untuk pertunjukan tari dan nyanyian tradisional. Terima kasih @le_bhv_maraisuntuk kolaborasi yang tak terlupakan dan penting ini," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Tentu saja pelantun tembang Tua-Tua Keladi itu mengaku salut kepada tekad dan kerja keras seluruh tim yang terlibat. Tak ketinggalan, dia pun memberi pujian kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang turut berkontribusi dalam acara ini.

"Untuk dek @gibran_rakabuming yang ber-ide luar biasa besar, ambisius dan sepenting ini. Sukses UMKM! Solo arum ngumandang jroning bawana," tandasnya.

Unggahan itu langsung dibanjiri beragam reaksi netizen. Banyak yang mengaku terpukau melihat penampilan Anggun, tak sedikit pula yang turut bangga dengannya.

"Bangga! Salah satu penyanyi idola sepanjang masa!" tulis caro****.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini