Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Isu Perwira TNI AL Minta Uang Pembebasan Kapal Tanker, KSAL Duga Sengaja Diembuskan

Riezky Maulana, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 620 2611829 isu-perwira-tni-al-minta-uang-pembebasan-kapal-tanker-ksal-duga-sengaja-diembuskan-uEp2nRHEb9.jpg KSAL Yudo Margono. (Foto: MPI)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono berkomentar mengenai isu perwira TNI AL meminta sejumlah uang untuk membebaskan kapal tanker. KSAL menduga jika isu itu sengaja diembuskan.

"Isu miring tentang prajurit TNI AL bernegosiasi dengan meminta sejumlah uang untuk membebaskan kapal yang sedang dalam proses hukum telah berkali-kali sengaja dihembuskan," tutur Yudo dalam keterangan yang diterima, Rabu (15/6/2022).

Dia pun menyadari hal ini sebagai resiko dalam tugas memberantas tindak pidana di laut, pelanggaran wilayah dan hukum. Kekinian, sambung Yudo, pihak intelijen dan Polisi Militer telah bekerja, guna mengungkap fakta kebenaran dari berita sebenarnya.

Yudo enegaskan akan menindak tegas terhadap prajurit yang terbukti melakukan pelanggaran.

โ€œPara Prajurit yang melakukan tindak pidana harus diproses hukum, tidak boleh ditawar-tawar lagi. Para Ankum juga harus berani dan tidak boleh takut dalam menerap sanksi hukum," katanya.

Lebih jauh Yudo mengingatkan prajuritnya agar menghindari kesan mengulur-ulur waktu dalam proses hukum menyelesaikan perkara. Sebab, hal itu berpotensi memberikan ruang bagi Makelar Kasus m untuk mendapatkan sesuatu, baik dari dalam maupun dari luar.

"Bila tidak mampu menyelesaikan secara cepat agar meminta bantuan personel hukum kepada Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Lantamal, Koarmada atau bahkan ke Kadiskum AL," ucapnya.

Diketahui, berita tentang adanya dugaan permintaan uang itu diungkap dua sumber kepada Reuters, Kamis (9/6/2022). Kedua sumber mengatakan nakhoda kapal tanker itu dibawa ke pangkalan dan diberitahu oleh perwira Angkatan Laut untuk mengatur pembayaran USD375.000.

Nord Joy merupakan kapal berbendera Panama, dengan panjang 183 meter dan dapat membawa hingga 350.000 barel bahan bakar.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini