Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Keandalan Listrik, PLN Gelontorkan Rp11,7 Miliar

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 620 2615822 jaga-keandalan-listrik-pln-gelontorkan-rp11-7-miliar-DOwGdoqQAS.jfif Listrik. (Foto: PLN)
A A A

SURABAYA - PT PLN (Persero) menggelontorkan Rp11,7 miliar untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Jawa Timur, khususnya di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Dana tersebut akan digunakan untuk penambahan dua penghantar pada Gardu Induk (GI) Sidoarjo.

Selain memperkuat sistem kelistrikan, pembangunan infrastruktur kelistrikan ini juga akan mendukung operasional Kawasan Industri Sidoarjo (KIS).

Saat ini, suplai PLN ke KIS kurang lebih sebesar 10 MW.

 BACA JUGA:Alasan PLN Tak Naikkan Tarif Listrik Sektor Industri dan Bisnis

General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM), Didik F.

Dakhlan menjelaskan GI Sidoarjo yang menyuplai listrik untuk daerah Sidoarjo, Porong dan Surabaya ini dapat menyalurkan daya sebesar 83 megawatt (MW) melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV.

Follow Berita Okezone di Google News

Pembangunan penghantar ini nantinya untuk cadangan apabila adanya gangguan di Porong atau Sidoarjo.

"Hadirnya penghantar baru ini, sangat berdampak pada keandalan sistem pastinya. Sehingga PLN dapat meminimalisir pemadaman ke pelanggan dari jaringan SUTT," ujarnya, Rabu (22/6/2022).

Adapun pekerjaan proyek sudah berlangsung sejak Selasa (7/6/2022) dan diperkirakan akan beroperasi ( energize) pada akhir Juni.

Penambahan penghantar ini ditujukan untuk mengurangi beban yang terdapat di GI Waru, mengingat GI ini nantinya akan dikembangkan menjadi Gas Insulated Substation Tegangan Ekstra Tinggi (GISTET) 500 kV.

Didik menuturkan dengan pembangunan penghantar di GI Sidoarjo nantinya akan menyatukan penyaluran dari pembangkit di Gresik dan Grati.

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Jawa Timur dan sekitarnya. Penambahan IBT (Interbus Transformer) di Krian pun akan selesai pada bulan ini," tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini