Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Booster Belum Tersedia, Anak-Anak Indonesia Hanya Dapat Vaksin Sinovac

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 620 2616731 booster-belum-tersedia-anak-anak-indonesia-hanya-dapat-vaksin-sinovac-pMzOHXDWBc.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PENGGUNAAN vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna telah mendapatkan izin untuk anak-anak usia 6 bulan sampai 5 tahun di Amerika Serikat. Izin ini diberikan Badan Pengawas Obat Makanan Amerika Serikat (FDA) minggu kemarin.

Langkah FDA ini tentu saja membuat kita bertanya, apakah pemberian vaksin Covid-19 untuk usia 6 bulan sampai 5 tahun akan dilakukan di Indonesia?.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH saat ini vaksinasi Covid-19 untuk anak, baru ada usia 6 tahun ke atas. Sejauh ini dikatakan Syahril belum adanya kebijakan terkait vaksinasi itu (usia 6 bulan sampai 5 tahun).

"Untuk anak umur di bawah 6 tahun belum ada kebijakannya. Kita tunggu aja perkembangan selanjutnya," ujar dr Syahril kepada MNC Portal, Kamis (23/6/2022).

Dalam pesan singkatnya, Syahril menjelaskan vaksin untuk anak-anak di Indonesia menggunakan vaksin asal Cina yaitu Sinovac. Dengan dosis 0,5 cc, dan belum menyediakan dosis ketiga buat anak-anak. "Anak-anak, Usia 6 hingga 11 tahun vaksinnya Sinovac dengan dosis 0,5 cc. Belum ada boster," tambah dr Syahril

Dia melanjutkan, Indonesia sedang fokus pada vaksinasi Covid-19 bagi usia 18 tahun atau dewasa. Untuk segera melengkapi dosis 1 dan 2 serta melakukan booster. Juga vaksin untuk usia anak-anak 6 tahun sampai 18 tahun. Sebagimana diketahui juga, vaksinasi booster mampu memberikan antibodi tambahan.

Dalam memberikan proteksi diri, dari perburukan jika terinfeksi virus Covid-19. "Saat ini prioritas kita dewasa > 18 th yaitu vaksinasi 1,2 dan boster. Vaksin untuk anak-anak umur 6-18 tahun," ungkap dr Syahril.

Sekadar informasi, AS memulai vaksinasi dengan suntikan Pfizer minggu ini, dapat menerima dosis ketiga pada minggu tanggal 12 September atau lebih baru. Mereka yang menerima suntikan Moderna pertama minggu ini dapat menyelesaikan inokulasi mereka secepat 19 Juli.

Berdasarkan hasil penelitian, Vaksin Pfizer maupun Moderna menunjukkan bisa melemahkan serangan covid-19 varian omicron. Ini efektif mencegah infeksi simtomatik pada anak kecil, seperti yang terjadi terhadap orang dewasa.

Pihak Pfizer mengatakan dua dosis vaksinnya hanya sekitar 28 persen efektif dalam mencegah penyakit, sementara tiga dosis 80 persen efektif. Tetapi perkiraan 80 persen itu hanya didasarkan pada 10 kasus dalam subset dari 1.678 peserta uji coba.

Sementara Vaksin Moderna sekira 51 persen efektif pada anak usia 6 bulan hingga 2 tahun. Lalu 37 persen efektif terhadap anak usia 2 hingga 5 tahun. Kedua vaksin tersebut memicu respons imun yang sebanding dengan yang dialami pada orang dewasa muda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini