Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyaluran Kredit UMKM Meningkat, Sudah Tepat Sasaran?

Heri Purnomo, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 620 2619648 penyaluran-kredit-umkm-meningkat-sudah-tepat-sasaran-nXXMgCMOj1.jpg UMKM. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komite Tetap UKM dan Koperasi Kadin Indonesia Sharmila Yahya mengatakan penyaluran kredit kepada Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang meningkat harus dibarengi dengan pendampingan terhadap para pelaku UMKM tersebut.

Menurutnya, pendampingan terhadap para pelaku UMKM diperlukan agar penyaluran kredit tersebut dapat digunakan secara baik.

"Yang perlu dipikirkan adalah jangan sampai nanti kur ini sudah dibagikan banyak kepada masyarakat. kemudian jika ada problem karena ketidaktahuan mengelola dengan baik akhirnya banyak kredit macet yang terjadi lagi di masyarakat," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Selasa (28/6/2022).

 BACA JUGA:Ke Sarinah, Dubes Turki Ajak UMKM Pamerkan Karyanya di MUSIAD Expo 2022

Sharmila menjelaskan bahwa selama melakukan pendampingan terhadap para UMKM, dirinya masih banyak menemui para pelaku UMKM yang belum berani mengambil Kur tersebut.

Hal itu dikarenakan mereka memikirkan bagaimana cara mengembalikan kredit.

"Mereka (Pelaku UMKM) pengennya pendampingan, hal itu dikarenakan mereka masih memiliki rasa takut terhadap kredit tersebut tidak dapat dikembalikan," katanya.

Oleh karena itu, Sharmila berharap program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tersebut diimbangi dengan pendampingan dari perbankan itu sendiri.

Kemudian juga dari stakeholder lainnya.

"Jadi bukan hanya jualan uang saja," ucapnya.

"Tetapi ketika mereka kita edukasi dan berikan pendampingan, kita siapkan pasarnya, mereka berbondong-bondong ingin mengambil kredit tersebut," bebernya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatatkan pertumbuhan kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebesar 16,75% pada April 2022 bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Penyaluran kredit ke sektor usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM pada April 2022 mencapai Rp1,195 triliun.

Jika dilihat dari besaran skala usaha, maka porsi kredit pada usaha mikro adalah mencapai Rp412,6 triliun pada April 2022.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini