Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wagub DKI Pertimbangkan Wacana Angkot Khusus Perempuan: Di KRL dan TransJakarta Sudah Ada

Muhammad Refi Sandi, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 620 2629389 wagub-dki-pertimbangkan-wacana-angkot-khusus-perempuan-di-krl-dan-transjakarta-sudah-ada-8jeHcN7e0z.jpg Wagub DKI Jakarta Ariza Patria. (Foto: Ant)

JAKARTA - Wacana angkot khusus perempuan kini mulai berkembang. Hal itu sebagai salah upaya pencegahan aksi pelecehan seksual di kendaraan umum khususnya angkot.

"Ya itu (angkot khusus perempuan) juga menjadi pertimbangan nanti kita carikan solusi bertahap yah itu juga pertimbangan. Kan di Transjakarta sudah ada juga yah di kereta (KRL Jabodetabek) juga ada gerbong perempuan itu juga menjadi pertimbangan nanti kita kaji sama-sama," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan di kawasan Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (13/7/2022).

Dia menambahkan bahwa saat ini Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan terus meningkatkan jangkauan transportasi publik agar mudah di akses masyarakat banyak. Ia mengklaim 90 persen transportasi publik mudah di akses masyarakat.

"Sekarang ini kita akan terus meningkatkan jangkauan transportasi publik di Jakarta. Data sementara kurang lebih 90 persen bisa diakses oleh transportasi publik, kita akan tingkatkan termasuk tadi apakah perlu pemisahan apakah perlu disiapkan angkot perempuan khusus itu nanti kita akan pertimbangkan," ujarnya.

"Semua dalam evaluasi dan kajian nanti Dishub akan menyampaikan lagi ya," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo bakal membuat regulasi komprehensif terkait kendaraan umum khususnya angkot. Dalam salah satu poin regulasinya akan mengkaji pengadaan angkot atau mikrotrans khusus perempuan sebagai bentuk upaya pencegahan aksi pelecehan seksual.

"Keenam, mengkaji lebih lanjut ide terkait angkot/mikrotrans khusus perempuan," kata Syafrin dalam keterangannya.

Sebagai informasi, wacana pemisahan bangku penumpang laki dan perempuan di angkot batal terlaksana.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini